Breaking News:

Sidang Richard Louhenapessy

Richard Louhenapessy Terima Gratifikasi Rp 7,9 Miliar: Setara Beli 790 Liter BBM tuk Warga Ambon

KPK menyebutjumlah uang gratifikasi yang diterima mantan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menurun jadi Rp 7,9 Miliar.

Tanita
Ketua Tim JPU KPK RI, Taufiq Ibnugroho saat diwawancarai wartawan, Selasa (17/1/2023). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Jaksa Penuntut Umum (JPU) KPK RI membeberkan jumlah uang gratifikasi yang diterima mantan Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy menurun jadi Rp 7,9 Miliar.

Setelah sebelumnya pada dakwaan JPU, disebutkan Richard Louhenapessy menerima suap dan gratifikasi sebanyak Rp 11.259.960.000,00.

Richard Louhenapessy merupakan terdakwa kasus dugaan korupsi suap dan gratifikasi Izin Prinsip pembangunan cabang retail Alfamidi tahun 2020 di Ambon.

Ketua Tim JPU KPK RI, Taufiq Ibnugroho mengatakan berdasarkan fakta persidangan, jumlah gratifikasi Wali Kota Ambon dua periode itu berkurang.

Hal itu berdasarkan dari keterangan saksi yang mencabut BAP dan menggunakan keterangan saat sidang, serta diselaraskan dengan bukti-bukti lainnya.

"Dari fakta persidangan, kan kita berdasarkan alat bukti ya ternyata ada beberapa saksi yang mencabut keterangannya. Karna yang dipakai fakta persidangan. Fakta yang disampaikan kan BAP, Ternyata dalam persidangan ada beberapa keterangan yang dicabut dan tentu kita mengakomodir keterangan tersebut dengan berdasar bukti-bukti lainnya. Ada perubahan terkait angkanya," kata Ibnugroho usai persidangan di Pengadilan Tipikor pada Pengadilan Negeri Ambon, Selasa (17/1/2023) malam.

Lanjutnya, gratifikasi dan suap yang diterima Richard Louhenapessy selama dua tahun memimpin Kota Ambon itu harus dikembalikan.

Dan telah dituntut dalam amar tuntutan Jaksa.

Yakni sebesar Rp Rp 8.045.910.000.

"Kalau dari terdakwa belum ada dikembalikan, jadi artinya total uang suap dan gratifikasi itu menjadi uang pengganti pada tuntutan karena belum ada diganti," tambah JPU.

Setara Beli 790 Liter BBM Warga Ambon

Jika dihitung-hitung, jumlah gratifikasi yang diterima Wali Kota yang pernah jadi kebanggaan warga Ambon ini setara beli 790.000 liter BBM jenis Pertalite.

Seperti diketahui saat ini harga BBM jenis Pertalite di Ambon RP. 10000 per liter.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved