Breaking News:

Maluku Lumbung Ikan Nasional

Catat! Rincian Janji Proyek 5 Menteri Jokowi untuk 1,7 Juta Warga Maluku Jelang Tahun Kerbau Logam

Lumbung Ikan Nasional ini terbangunnya satu pelabuhan perikanan yang modern, seperti di Tsukiji di Jepang. Itu bagus sekali

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Nur Thamsil Thahir
Instagram Luhut Binsar Pandjaitan
ILUSTRASI - Luhut Binsar Panjaitan dan Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Mei 2020 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Hanya dalam dua pekan, di awal tahun 2021 ini, lima menteri pemerintahan Joko Widodo, menegaskan kominten mensejahterakan 1,77 juta penduduk di 11 kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

Kelima menteri pemberi janji itu adalah; Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan, Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia dan terakhir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno.

Dari ibu kota, dua menteri; Luhut Binsar Panjaitan dan Sandiaga Uno, mengemukakan janjinya  melalui pertemuan virtual.

Sedangkan tiga menteri lainnya; Budi Karya Sumadi, Sakti Wahyu dan Bahlil Lahadalia, mengemukakan janjinya di kaki gunung Salahutu dan Perairat barat Pulau Ambon, di Desa Liang, Kecamatan Salahutu, Maluku Tengah.

Ini Jadwal Kunjungan Kerja Menhub, Menteri KKP dan Kepala BKPM ke Maluku

Maluku Lumbung Ikan Nasional, Proyek 6 Menteri Kelautan; 1000 Kapal Era Pudji, 7 Dirjen Edhy Prabowo

Kunker Perdana di Maluku, Menteri KKP Akui Potensi Perikanan Sangat Besar

Janji itu dikemukakan di transisi penggantian tahun  Tikus Logam dan Kerbau Logam dalam penanggalan Imlek China.

Tahun Baru Imlek sisa 4 hari. Tahun Kerbau Logam (Imlek 2021 tanggal 12 Februari hingga 30 Januari 2022).

Berikut Janji mereka:

1. Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) 

"Ambon New Port yang terintegrasi dengan Lumbung Ikan Nasional adalah intsruksi presiden yang harus terealisir tahun 2023."

2. Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan di KM Siwalima, Ambon Jumat (6/2/2021)

“Pak Presiden secara khusus, minggu lalu telah menegaskan, bahwa pelabuhan terpadu sebagaì bagian dari LIN harus segera dikerjakan. Kita sudah  studi secara mendalam. bahkan sudah didukung oleh studi yang dilakukan oleh Bank Dunia. LIN ini terbentuk atau terbangunnya satu pelabuhan perikanan yang modern, seperti di Tsukiji di Jepang. Itu bagus sekali,”

3. Sakti Wahyu Trenggono, Menteri Kelautan dan Perikanan di KM Siwalima, Ambon Jumat (6/2/2021)

"Tugas KKP adalah bagaimana seluruh potensi sektor perikanan atau biota kelautan bisa berpusat di Ambon, sehingga perekonomian di sini nanti tumbuh. "Kita fokus mempersiapkan ekosistem industri berupa pembangunan infrastruktur dasar pelabuhan perikanan. KKP juga akan memastikan ketersediaan komoditi laut sebagai bahan dasar berlangsungnya produksi di kawasan LIN."

4. Bahlil Lahadalia, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) RI di KM Siwalima, Ambon Jumat (6/2/2021)

“Paling lama tahun 2022 pembangunan infrastruktur pendukung pengembangan Maluku sebagai LIN harus sudah bisa berjalan. Pembangunan infrastruktur yang terintegrasi antara pelabuhan, kawasan industri perikanan dan pelabuhan perikanan harus disatukan di satu kawasan. Sesuai arahan Presiden, ini harus segera dilakukan, karena di hampir semua provinsi investasi sudah dilakukan, yang belum di Maluku,”

5. Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno; Jumat, 29 Januari 2021; Diskusi virt’ual Strategi Pemulihan Sektor Pariwisata dan Dukungan Infrastruktur di Provinsi Maluku' secara virtual pada Jumat, 29 Januari 2021.

"Saya ingin sekali berkunjung kembali ke Maluku karena daerahnya cantik Saya adlah bagian dari warga Maluku karena memiliki garis keturunan warga Negeri Hutumuri. Saya berkunjung ke sana tahun 2018, juga mampir ke Negeri Tulehu yang terkenal sebagai kampung sepakbola, serta singgah ke Pantai Natsepa di Negeri Suli.

Apa saja rincian janji mereka...?

Halaman
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved