Breaking News:

Kasus Razman Nasution

HAPI Belum Usulkan Pencabutan BAS Razman Nasution, Evie Susanti Bakal Lapor ke PT Ambon

Himpunan Advokat/Pengacara Indonesia hingga kini belum mengusulkan pencabutan Berita Acara Sumpah (BAS) Advokat Razman Arif Nasution.

TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Istri Mantan Gubernur Sumatera Utara Gatot Puji Nugroho, Evi Susanto dan Pengacara Lien Matulessy saat wawancara terkait Razman Arif Nasution, Senin (26/9/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Himpunan Advokat/Pengacara Indonesia hingga kini belum mengusulkan pencabutan Berita Acara Sumpah (BAS) Advokat Razman Arif Nasution.

Mantan Klien Razman Nasution, Evie Susanti mengatakan akan melaporkan pengusulan pencabutan BAS Razman ke Pengadilan Tinggi (PT) Ambon.

Pengusulan pencabutan BAS Razman di PT Ambon itu dikatakan Susanti saat diwawancarai Senin (26/9/2022).

"Bulan lalu memang Ketua HAPI, Pak Anthony mengatakan akan melaporkan namun tadi saya ke Pengadilan Tinggi Ambon dan belum ada pengusulan itu. Jadi saya sebagai korban akan melaporkan permohonan pencabutan itu ke PT besok," kata Susanti.

Menurutnya, hal ini harus disikapi secara serius oleh PT Ambon dan HAPI lantaran Razman masih berprofesi sebagai Advokat.

“Terkait izin BAS (Berita Acara Sumpah Advokat) memang harus saya kejar karena Razman masih memakai profesi sebagai advokat untu mencari klien dan inikan membahayakan karena menyangkut masa depan orang. Kan bukan pengacara yang menjalani hukumannya. Kalau dia sendiri tidak dasar keilmuan cukup bagaimana dia mau membela klien,” tambahnya.

Baca juga: Pengadilan Tinggi Ambon Dinilai Tak Selektif Keluarkan BAS Advokat tuk Razman Nasution

Susanti menjelaskan berdasarkan bukti yang ada, Razman sebenarnya tak punya kualifikasi pengacara.

Pasalnya, dokumen yang dilampirkan Razman Nasution agar bisa sumpah advokat di Ambon tidak sah.

Seperti Surat domisili Kelurahan Waihoka Ambon yang ternyata Razman bukan warga disitu.

Dijelaskannya, saat bertemu Ketua RT 003, Jalan Haruhuh dan Lurah Waihoka pun mengaku tak pernah mengenal warga bernama Drs. Rasman Arif, SH., M.A.

Nama Drs. Rasman Arif, SH., M.A. itulah yang tertera pada surat domisili sebelumnya.

"Saya ke kantor kelurahan Waihoka dimana Razman pernah mengeluarkan Surat keterangan domisili yang dikeluarkan tahun 2015 yang menyebut dia tinggal di jalan Haruhun, RT 003 RW 002 Kota Ambon dan ketika saya datang kesana dengan tiga orang staff dari sana mengatakan tidak pernah ada atas nama Rasman Arif di alamat tersebut. Dan saya meminta ke kelurahan verifikasi langsung kepada RT pada saat yang sudah pensiun dan juga lurah yang menanda tangan itu," kata Susanti, Senin (26/9/2022) sore.

Lanjutnya, bukti domisili merupakan salah satu syarat agar bisa mengambil sumpah Advokat di daerah itu.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved