Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Makanang Kasiang

"Makanang kasiang" itu makanan yang dimakan sehari-hari (makanan pokok), dan tidak bisa dipisahkan dari "katong pung hidop".

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Tuing-tuing asar lada dari Wasuu 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Seng ada apapa ale, cuma papeda deng kuah ikang la sayor saloko sa nih" (=tidak ada apa-apa, hanya papeda dengan ikan kuah dan sayur seadanya). Itu "makanang kasiang", tetapi bukan tidak layak.

Malah itu "yang piara katong sampe ana cucu" (=yang memelihara/menghidupkan kami sampai anak cucu).

"Makanang kasiang" itu makanan yang dimakan sehari-hari (makanan pokok), dan tidak bisa dipisahkan dari "katong pung hidop".

Jadi orang Seram, Ambon-Lease condong ke "papeda kuah ikang deng sayor", saudara di Kei lebih pada "embal, bubuhuk, sir-sir, lat, ikang kuah", orang di Tanimbar dan Maluku Barat Daya dengan "jagong, kacang merah, beras merah, keladi, ubi, ikang kuah", di Aru dengan "pong-pong, ikang kuah", di Maluku Utara dengan "ngafi, garangpati".

Itu sama dengan anda yang sehari-hari makan nasi, "brot" (=roti), "kantang" (=kentang), dan sebagainya.

Jadi "makanang kasiang" bukan karena kita miskin, tetapi "itu makanang potong pusa" (=makanan yang dimakan sejak kami lahir).

Oleh "makanang kasiang" itu kita dinasehati, dan berkali-kali dinasehati:

"Kalu sisi sagu, jang lupa tumang bongso par balu" (=pada masa mengemas pati sagu, jangan lupa bagian terakhir untuk janda, duda dan anak yatim). "Kalu ada labe, jang lupa biking konde/kas' bombong di tumang tuh" (=bila lebih, jangan lupa tambah pada bagian atas tumang sagu itu).

Baca juga: Kuti Kata; Berkat Samonti

Baca juga: Kuti kata; Muka Seng Bisa Ganti, Mar Kalakuang Bisa

Artinya, para "balu" (=janda, duda, tetapi juga sering anak yatim piatu dikategorikan sebagai yang perlu dibantu), itu ada yang sudah tua, ada pula yang masih kanak-kanak dan tinggal "deng nene, tete, uwa, wate" (=dengan nenek, kakek, tante, paman/om).

Jadi setiap orang, yang mampu kerja, harus bisa membantu mereka.

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved