Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Mama Pung Piara

Yang kedua adalah "mama pung aer susu" (=air susu mama/ibu) yang jadi satu-satunya sumber makanan "ana merah-merah" (=bayi).

Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Mama Hana Erubun di GPM Watngil 

AMBON  TRIBUNAMBON.COM - "Tagal mama pung piara, katong ade kaka su hidop" (=karena pemeliharaan mama, kita adik-kakak sudah hidup).

Konsep "mama pung piara" melukiskan dua hal yang kodrati padanya, yaitu pertama, kandungan mama, karena kita ada sejak "mama su deng badang" (=hamil, mengandung) sampai "jadi deng sagala bae" (=dilahirkan dan selamat).

Yang kedua adalah "mama pung aer susu" (=air susu mama/ibu) yang jadi satu-satunya sumber makanan "ana merah-merah" (=bayi).

Bahwa dalam masa "mulai deng badang sampe jadi" (=masa mengandung sampai persalinan) mama berusaha untuk menjaminkan hidup anaknya.

Usahanya sederhana yaitu "makang matel pohong deng katok santang" (=sayur matel dan daun katuk). Tetapi tujuannya mulia yakni "par tambah aer susu" (=merangsang produksi air susu).

Tujuan itu adalah untuk menjamin hidup "ana merah-merah" yang kelak akan lahir.

Jadi sebelum kita "jadi" (=lahir) mama telah berjuang agar "katong hidop" dan "hidop dari aer susu mama".

Baca juga: Kuti Kata; Jang Dengar

Baca juga: Kuti Kata; Basaleng

Saat kita lahir, "mama biang yang ambel" (=bidan kampung yang membantu persalinan) biasanya, sambil menggendong "ana merah-merah" itu lalu bilang untuk mama: "mari kasih susu ana nih" (=mari beri ASI untuk anakmu ini).

Namun, itu biasa dikatakan setelah "mama biang" memproklamasikan jenis kelamin anak itu, "aru-aru" (=anak laki-laki) atau "sempe" (=anak perempuan).

Setiap menyusui, dan setelah anak "abis isap susu" (=menyusu), mama sering pula berucap: "ungku turung e kaki tangang ampa, lalu mama pung ana mau basar tandang tanah" (=makanan turun ke kaki dan tangan, biar anakku besar dan menendang/injak tanah).

Halaman
123
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved