Breaking News:

Transisi PSBB Tahap 7, Satgas Covid-19 di Ambon Lakukan Operasi Yustisi Masuk Gang Permukiman Warga

Kota Ambon saat ini telah memasuki masa transisi PSBB tahap ke tujuh sejak 12 Oktober hingga 25 Oktober 2020 mendatang.

(Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Insany)
Transisi PSBB Tahap 7, Satgas Covid-19 di Ambon Lakukan Operasi Yustisi Masuk Gang Permukiman Warga 

Laporan Wartawan Tribunambon.com, Insany 

TRIBUNAMBON.COM - Kota Ambon saat ini telah memasuki masa transisi PSBB tahap ke tujuh sejak 12 Oktober hingga 25 Oktober 2020 mendatang.

Pada tahap ke tujuh ini, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ambon akan memaksimalkan operasi yustisi ke gang dan lorong permukiman masyarakat. 

Hal ini dilakukan menyusul, status Kota Ambon yang masih berada di zona merah, apalagi masuk dalam 12 besar kabupaten /kota yang disebut Presiden Jokowi harus diprioritaskan penanganannya. 

Joy Reiner Adriaansz,  Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian yang juga juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kota Ambon Kepada Tribunambon.com, Jumat malam (16/10/2020), mengatakan jika pada PSBB transisi tahap 5 dan 6 lebih fokus pada operasi yustisi di jalan utama untuk PSBB tahap 7 operasi yustisi dilakukan di gang dan lorong di permukiman warga. 

‘’Karena masyarakat belum menyadari bahaya tidak memakai masker, ke tetangga rumahnya mereka anggap tidak masalah tidak pakai masker, ini yang akan kita edukasi,’’ kata Adriaansz. 

Baca juga: Tingkat Kesembuhan Covid-19 Tinggi, Kasus Berkurang, DPRD Kota Ambon Apresiasi Kerja Pemkot

Upaya ini menurutnya agar tidak hanya soal penanganan pasien, tapi bagimana memberi edukasi dan sosialisasi di tingkat bawah dengan mengajak tokoh masyarakat, ketua RT  dan RW serta puskesmas-puskesmas  setempat, untuk menjaga jarak, memakai masker, menjauhi kerumumnan dan mencuci tangan (4M) dalam aktifitasnya. 

Menurutnya Perwali nomor 26 terkait PSBB Transisi adalah solusi agar perekonomian masyarakat juga tetap berjalan, jika melakukan PSBB secara utuh otomatis seluruh usaha akan tutup dan dampaknya  aktifitas lumpuh tapi tentu saja dengan protokol kesehatan yang ketat. 

Untuk membantu ekonomi masyarakat, Satgas juga menyiapkan sembako setiap bulan  untuk masyarakat ekonomi lemah dan  masyarakat korban PHK. 

‘’Sampai saat ini kita sudah membantu  41 ribu kepala keluarga atau 200 ribu jiwa, artinya separuh dari jumlah penduduk Kota Ambon yang 400 ribu jiwa, 50 persen warga kota dibantu pemerintah setiap bulan, berupa bantuan sembako,’’ jelasnya. 

Halaman
12
Editor: Maria Sorenada Garudea Prabawati
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved