Cegah Corona, Gubernur Murad Ancam Copot ASN di Maluku jika Melanggar Larangan Kunjungan Luar Daerah

Gubernur Maluku Murad Ismail melarang semua ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku untuk bepergian ke luar daerah, khususnya ke Jakarta.

Cegah Corona, Gubernur Murad Ancam Copot ASN di Maluku jika Melanggar Larangan Kunjungan Luar Daerah
Kompas.com/Rahmat Rahman Patty
Kalah jauh dari Papua, Gubernur Murad Ismail minta Pemerintah Pusat naikkan APBD Maluku hingga warga Maluku diikutsertakan proyek Blok Masela. 

TRIBUNAMBON.COM  - Gubernur Maluku Murad Ismail melarang semua Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Maluku untuk bepergian ke luar daerah, khususnya ke Jakarta.

Murad menegaskan, bagi ASN yang tidak menaati instruksinya dan tetap bebergian ke luar daerah, maka akan dicopot dari jabatannya.

Kebijakan Murad ini untuk mencegah penularan virus corona masuk ke Maluku.

RSUD di Ambon Bantah Rawat Pasien Positif Virus Corona

Cegah Virus Corona Ambon, RSUD dr Haulussy Cabut Sementara Izin Besuk Pasien, Ini Aturannya

Gubernur Maluku, Murad Ismail didampingi Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Pangdam XVI Pattimuram Mayjen Marga Taufiq saat memberikan keterangan pers terkait pencegahan penularan virus corona di Maluku yang berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, Senin (16/3/2020)
Gubernur Maluku, Murad Ismail didampingi Ketua DPRD Maluku, Lucky Wattimury, Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, Pangdam XVI Pattimuram Mayjen Marga Taufiq saat memberikan keterangan pers terkait pencegahan penularan virus corona di Maluku yang berlangsung di Kantor Gubernur Maluku, Senin (16/3/2020) (KOMPAS.COM/RAHMAT RAHMAN PATTY)

“Seluruh OPD itu tidak ada yang boleh bepergian, ini saya bicara ini nanti saya cek, saat rapat tidak ada OPD yang bersangkutan pasti saya ganti. Ini saya bicara kelihatan main-main, tapi saya serius,” tegas Murad, saat menggelar keterangan pers kepada wartawan, di Kantor Gubernur Maluku, Senin (16/3/2020).

Menurut Murad, untuk ASN yang terpaksa harus bepergian ke luar daerah karena kepentingan yang mendesak, maka harus atas seizin darinya dan juga Sekretaris Daerah Maluku.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Positif Corona, Menteri Lain Jalani Tes

Lakukan Rapat Terbatas Secara Online dengan Menteri, Jokowi Bahas Percepatan Ekonomi Hadapi Corona

“Seluruh OPD tidak boleh ada lagi yang pergi ke Jakarta ikut undangan-undangan tanpa izin saya dan sekda,” kata dia.

Murad menuturkan, dalam beberapa hari terakhir dia telah membatalkan kunjungan ke Jakarta untuk menghadiri sejumlah undangan dinas.

“Kemarin saja saya diundang ke Jakarta, semuanya saya batalin termasuk Ibu Menpan kemarin mau datang (ke Ambon) lantik istri Sekda, dibatalin juga,” kata dia.

Selain itu, menurut gubernur, rapat kerja daerah yang akan digelar juga terpaksa dibatalkan untuk mencegah penularan virus corona.

“Tanggal 18 saya juga diundang ke Jakarta, kita batalin. Jadi, saya minta kepada seluruh OPD itu tidak boleh ada yang bepergian ke luar daerah,” kata dia.

Sederet Negara yang Telah Lakukan Lockdown Akibat Wabah Virus Corona, Italia hingga Spanyol

Karyawan CIMB Niaga Positif Corona, Direktur Sampaikan Kondisinya Membaik

(Kompas.com Kontributor Ambon, Rahmat Rahman Patty)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Covid-19, Gubernur Maluku Larang ASN ke Jakarta, yang Melawan Dicopot".

Editor: Fitriana Andriyani
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved