Breaking News:

Budaya Maluku

Hela Rotan Aboru Jadi Atraksi Budaya Terbaik se Indonesia

Helan rotan Aboru mampu mengungguli Joget Sonde dari Kabupaten kepulauan Meranti dan Bahoruk Kabupaten Rote ndao

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Buku Voor Aboru
Tradisi Hela Rotan dari Negeri Aboru, Kabupaten Maluku Tengah menangkan Penghargaan API) 2022 kategori atraksi budaya terbaik se Indonesia, Jumat (26/11/2022) . 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Tradisi Hela Rotan dari Negeri Aboru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) menangkan Penghargaan Anugrah Pesona Indonesia (API) tahun 2022 kategori atraksi budaya terbaik se Indonesia, Jumat (26/11/2022) malam.

Helan Rotan Aboru mampu mengungguli Joget Sonde dari Kabupaten kepulauan Meranti dan Bahoruk Kabupaten Rote ndao, Nusa Tenggara Timur di posisi ke 3.

Penyerahan penghargaan Atraksi Budaya terbaik se Indonesia itu diserahkan langsung Advisor API Award, Rio Kapela kepada Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Malteng, Angky Wattimena.

Wattimena mengatakan penghargaan ini didapat atas dukungan dan kerja sama semua pihak terkhususnya, Yayasan Buku Voor Aboru, Pemerintah dan masyarakat Negeri Aboru di Indonesia maupun di tanah perantauan.

Menurutnya, penghargaan ini menjadi kebangkitan Pariwisata di Maluku Tengah.

Wattimena berharap, kedepannya pembenahan dan pengembangan terus dilakukan guna memajukan Pariwisata di Maluku.

Baca juga: Ini Dia Profil Supermoto Indonesia - Ambon Chapter

Baca juga: Itinerary Sehari di Pulau Saparua - Maluku, Bisa Kunjungi Tempat-tempat Ini

“Ini kebangkitan pariwisata di Maluku Tengah khususnya di Negeri Aboru mari kita berbenah untuk pengembangan Pariwisata di Maluku Tengah. Dengan demikian kaitan ini, keberhasilan kesuksesan memerlukan dukungan semua pihak. Terima kasih juga untuk buku voor Aboru, masyarakat Negeri Aboru , Bapak Raja dan seluruh masyarakat Negeri Aboru yang diperantauan juga dan tiga batu tungku, terima kasih dukungan dan doanya,” kata Wattimena, Jumat malam.
Diketahui Hela Rotan di API Award diinisiasi Buku Voor Aboru dan diwakili Neydi Teterissa.

Dilansir dari kebudayaan.kemdikbud.go.id, Hela Rotan bertujuan untuk menyatukan masyarakat dari empat petuanan di Pulau Haruku.

Yakni, Petuanan Latu Sinai dari Negeri Aboru, Petuanan Latuconsina dari Negeri Pelauw, Petuanan Latu Marawakan dari Negeri Oma dan Petuanan Latu Surinai dari Negeri Rohomoni.

Tradisi Budaya Hela Rotan ini atas perintah Kapitan Aboru Tua Saia dan Nahumury untuk menyatukan semua warga dari 4 Latu ini.

Hingga saat ini, tradisi Hela Rotan yang juga memiliki lagu yang sering dinyanyikan ini terus diselenggarakan tiap tahun. (*) 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved