Breaking News:

Sampah di Ambon

Duh, Sampah di Ambon Capai 220 Ton Per Hari

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyebut sampah di Ambon capai 220 ton setiap harinya. Jumlah sebanyak itu didominasi sampah domestik.

Dedy
Sampah menumpuk di Kawasan Rumah Tiga, Kota Ambon, Rabu (3/8/2022). Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyebut sampah di Ambon capai 220 ton setiap harinya. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM -  Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena menyebut sampah di Ambon capai 220 ton setiap harinya.

Jumlah sebanyak itu didominasi oleh sampah domestik atau rumah tangga.

" Sampah masih menjadi masalah di hampir semua wilayah di Kota Ambon. Sampah di Ambon'> Sampah di Ambon sendiri setiap harinya menghasilkan 220 ton," kata Bodewin Wattimena disela-sela aksi bersih-pantai dan pengelolaan sampah di Pantai Namalatu Latuhalat, Minggu (14/8/2022).

Menurut Bodewin Wattimena, menumpuknya sampah di Ambon pada tiap-tiap Tempat Pembuangan Sampah (TPS) sementara lantaran keterbatasan armada pengangkut sampah.

Baca juga: Akan Ada Truk Pengangkut Sampah Setiap Hari di Ahuru-Ambon, Masyarakat Diimbau Jaga Lingkungan

Baca juga: Maluku Bakal Punya 3 Perangkap Sampah di Sungai, Bukan Pakai Jaring Biasa

Dengan begitu, petugas pengangkut sampah cukup kewalahan dalam menyikapi masalah tersebut.

"Jadi memang petugas kewalahan mengangkut sampah dari TPS ke tempat pembuangan akhir sampah (TPA)," ungkapnya.

Meski begitu, lanjutnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon tetap berupaya agar persoalan sampah di Ambon bisa terselesaikan.

Langkah yang diambil, dengan terus mensosialisasikan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan serta mendukung setiap kegiatan organisasi yang berkaitan dengan pengelolaan sampah.

Baca juga: Warga Harap Petugas Kebersihan segera Angkut Tumpukan Sampah di Kecamatan Teluk Ambon

Baca juga: Dibiarkan Satu Bulan, Sampah Menumpuk di Ahuru Ambon Timbulkan Bau Busuk dan Bikin Mual

Tak hanya itu, Pemkot juga menggandeng AMGPM maupun remaja masjid di Kota Ambon untuk sama-sama menyikapi masalah sampah tersebut.

"Jadi ketika ada kegiatan seperti ini, saya sangat mendukung. Saya pastikan kalaupun ini terlaksana di setiap desa, masalah sampah di Ambon akan selesai," tutur Wattimena.

Sekretaris DPRD Maluku itu juga meminta Kadis DLHP Ambon untuk membuka diri kepada siapapun dia yang ingin membantu Pemkot Ambon dalam pengelolaan sampah.

"Penyelesaian sampah masuk dalam 11 program prioritas Pemkot Ambon. Jadi kalaupun ada kelompok atau organisasi yang mau mendukung pemerintah menyelesaikan problem sampah, DLHP sebagai dinas yang bertanggungjawab harus menyambutnya dengan baik," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved