Breaking News:

Narkoba di Maluku

Miliki 0.2 Gram Sabu, Mahasiswa Ambon Ini Divonis Hakim 6 Tahun Penjara

Seorang mahasiswa bernama Djunaidin alias Una (25) beresiko tak bisa menyelesaikan perkuliahannya.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
Grafis TribunAmbon.com, Juna Putuhena
Ilustrasi kasus narkoba 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Seorang mahasiswa bernama Djunaidin alias Una (25) tak bisa menyelesaikan perkuliahannya lantaran terjerat kasus narkoba.

Ketua Majelis Hakim Rahmat Selang menjatuhkan pidana penjara selama enam tahun atas kepemilikan narkoba jenis sabu seberat 0,2 gram.

“Menjatuhkan pidana oleh karena itu terhadap Terdakwa Djunaidin alias Una dengan pidana penjara selama 6 tahun,” kata Majelis Hakim saat persidangan di Pengadilan Negeri Ambon, Rabu (23/3/2022).

Tak hanya pidana badan, terdakwa juga harus membayar denda sebesar Rp 800 juta subsider 3 bulan kurungan.

Baca juga: Korban Pohon Tumbang di Jl Jenderal Soedirman - Ambon dapat Bantuan Tunai, Ini Kata Ririmasse

Baca juga: LIN Berlanjut, Pemprov Maluku Siapkan Grand Design

“Serta terdakwa membayar denda sejumlah Rp 800 juta dengan ketentuan apabila denda tersebut tidak dibayar diganti dengan pidana penjara selama 3 bulan,” tambah hakim.

Majelis hakim juga menyatakan Terdakwa Djunaidin alias Una telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melanggar pasal 114 ayat 1 UU No 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

“Menyatakan Terdakwa Djunaidin alias Una telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana “Menguasai Narkotika Golongan I bukan tanaman” sebagaimana dalam dakwaan alternatif Kedua,” kata majelis hakim.

Atas putusan majelis hakim, penasihat hukum terdakwa Dino Huliselan akan mengajukan banding.

Untuk diketahui putusan terdakwa tak beda jauh dari tuntutan JPU yakni selama 7 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar subsider 4 bulan kurungan.

Namun, JPU menilai terdakwa bersalah melakukan tindak pidana Narkotika sebagaimana diatur dan diancam pldana dalam Posal 112 ayat (1) Undang-Undang No. 35 tahun 2009 tentang Narkotika.

Sebelumnya, terdakwa ditangkap oleh aparat Kepolisian Ditresnarkoba Polda Maluku di depan Jalan Raya Depan Kampus Poltek, Rumah tiga Kecamatan Teluk Ambon, sekitar pukuk 21.30 WIT pada Selasa (2/11/2021).

Terdawak tertangkap basah miliki 0,2 gram narkotika jenis Sabu yang disimpan dalam gelas plastik kemasan minuman. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved