Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Sayang Dilale

"Seng bole suruh dong pi cari tampa" (=tidak boleh menyuruh mereka pergi mencari tempat lain),

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Deng gandong dong 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Sio seng sampe hati ale tuang" (=sungguh, tidak tega sayang). Ini ungkapan yang melukiskan "sayang dilale" (=sungguh/sangat menyayangi/sayang).

Karena itu "batul-batul seng sampe hati" (=sungguh tidak tega), "apalai dong su iko, datang jao-jao, cuma par dudu sama-sama" (=apalagi mereka sudah mengikuti, datang dari jauh, hanya untuk bisa duduk bersama).

"Seng bole suruh dong pi cari tampa" (=tidak boleh menyuruh mereka pergi mencari tempat lain), "kas' tinggal sa, biar makang karu-karu jua tarpapa" (=biarkan, walau nanti makan karu-karu pun tidak mengapa ~karu-karu itu sejenis makanan dari tepung sagu yang disangrai, ditambah kelapa dan gula merah, seperti sinoli/empeng).

"Basudara iko tuh tagal dong tau se hati barsi" (=saudara mengikutimu karena mereka tahu ketulusan hatimu), "itu se seng bisa sambuni akang" (=mengenai itu anda tidak bisa menyembunyikannya), "tagal orang yang pung hati tuh muka su unju" (=orang yang baik hati itu kelihatan dari wajahnya).

Jadi "hidop musti sayang samua" (=hidup ini harus menyayangi semua).

Baca juga: Kuti Kata; Angka Orang Tuh Lia-Lia Lai

Baca juga: Kuti Kata; Baku Ator

"Sayang dilale" (=sungguh/sangat menyayangi/sayang). Ini perasaan yang tersimpan dalam hati "orang-orang bae" (=orang baik).

Orang seperti ini, "biar kata orang sumpah-sumpah dia iko blakang lai, mar kalu dong tatumbu susah, dia yang tulung kamuka" (=walau orang menyumpahi di belakangnya, namun jika mereka kesusahan dia yang pertama-tama menolong).

"Seng sampe hati" (=tidak tega orangnya).

"Apalai kalu dong su datang, tetap tarima sa, biar kata ada lalah bae-bae nih" (=apalagi jika mereka sudah datang, tetap terima walau sedang letih sekali).

"Seng sambuni la kasi pasang: "bilang beta seng ada e" (=tidak bersembunyi lalu menyampaikan pesan: "katakan aku tidak ada ya").

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved