Breaking News:

Ambon Hari Ini

Di Tengah Pandemi, Ambon Mulai Budidaya Udang dan Ikan Nila dengan Kolam Bioflok

BPPP Kota Ambon meluncurkan budidaya ikan dengan kolam bioflok di Kantor BPPP Ambonp, Kota Ambon, Senin (12/4/2021) kemarin.

Dedy Azis
BPPP Kota Ambon meluncurkan budidaya ikan dengan kolam bioflok di Kantor BPPP Ambon, Jalan Dr. J. Leimena, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Senin (12/4/2021) kemarin. 

Laporan Wartawan TribubAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Balai Penyuluhan dan Pelatihan Perikanan (BPPP) Kota Ambon meluncurkan budidaya ikan dengan kolam bioflok di Kantor BPPP Ambon, Jalan Dr. J. Leimena, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Senin (12/4/2021) kemarin.

Sebanyak 50.500 benih udang vaname dan nila air laut ditabur kedalam dua kolam bioflok berukuran diameter 10x10 meter itu.

"Hari ini karena baru tahap awal, dalam satu kolam kami tebar 50 ribu benih udang vaname dan 500 benih ikan nila air laut," kata Kepala BPPP Kota Ambon, Abubakar.

Baca juga: Terhalang Sistem, Rumah Singgah Bagi Gepeng Ambon Tak Bisa Dibangun

Baca juga: Gelar Safari Ramadhan, Pemkot Ambon Akan Kunjungi Warga Terdampak Covid-19

Abubakar berharap, hadirnya budidaya dengan kolam bioflok ini menginspirasi masyarakat dapat membudidayakan ikan dengan memanfaatkan lahan yang terbatas di rumah masing-masing.

"Semoga ini jadi sarana belajar untuk masyarakat sekitar agar masing-masing dapat membudidayakan ikan dengan sistem bioflog di rumahnya masing-masing," ujarnya.

Sementara, Kepala Pusat Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan (Puslatluh KP), Lilly Aprilya Pregiwati yang ikut meluncurkan teknologi budidaya ikan itu mengatakan, adanya kolam bioflok membuat potensi perikanan tangkap makin baik serta dapat memberikan hasil laut dengan mutu yang baik.

"Semoga Maluku dengan potensi perikanan tangkap yang luar biasa ini, bisa memberikan ikan dengan mutu yang baik pula kepada masyarakat sekitar," kata dia.

Sistem bioflok sendiri adalah memanfaatkan organisme air dan limbah budidaya komoditas untuk diolah lagi menjadi pakan komoditas yang dibudidayakan. (*)

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved