Breaking News:

Maluku Terkini

Di Maluku, Seluruh Imam dan Pengurus Masjid Akan Bahas Panduan Ibadah Selama Ramadhan

Langkah ini menindaklanjuti surat edaran terkait Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 atau 1442 Hijriah.

TribunManado.go.id
Ilustrasi bulan Ramadhan 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Seluruh Imam beserta Pengurus Mesjid dari tiap Kabupaten dan Kota di Provinsi Maluku akan melakukan pertemuan membahas panduan ibadah selama bulan suci ramadhan.

Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Maluku, Jamaluddin Bugis menindaklanjuti surat edaran terkait Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 atau 1442 Hijriah.

“Nanti akan kami panggil seluruh Imam dan pengurus masjid dari tiap Kabupaten dan Kota agar semaksimal mungkin dapat menjalankan apa yang sudah menjadi amanah dari pusat,” katanya saat di temui TribunAmbon.com di Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Maluku, Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Selasa (6/4/2021) kemarin.

“Saya panggil, karena kalau cuma diedarkan nantinya mereka punya penafsiran masing-masing, akhirnya tidak satu komando,” ujarnya.

Surat Edaran itu memberikan panduan beribadah yang sejalan dengan protokol kesehatan, sekaligus untuk mencegah, mengurangi penyebaran dan melindungi masyarakat dari risiko Covid-19.

Baca juga: Disperindag Kabupaten Buru Gelar Pasar Murah Jelang Ramadhan Selama 3 Hari

Baca juga: Sepekan Jelang Ramadhan, Harga Buah di Ambon Semakin Murah

Baca juga: Harga Daging Sapi Stabil, Ayam Potong Perlahan Naik Menjelang Ramadhan

Berikut ini isi panduan ibadah Ramadhan dan Idul Fitri tahun 2021 yang tertuang dalam Surat Edaran Nomor 03 tahun 2021:

1. Umat Islam, kecuali bagi yang sakit atau atas alasan syar'i lainnya yang dapat dibenarkan, wajib menjalankan ibadah puasa Ramadan sesuai hukum syariah dan tata cara ibadah yang ditentukan agama.

2. Sahur dan buka puasa dianjurkan dilakukan di rumah masing-masing bersama keluarga inti. Baca juga: Selain Tarawih, Pemerintah Juga Izinkan Shalat Idul Fitri 1442 H Berjemaah

3. Dalam hal kegiatan buka puasa bersama tetap dilaksanakan, harus mematuhi pembatasan jumlah kehadiran paling banyak 50 persen dari kapasitas ruangan dan menghindari kerumunan.

4. Pengurus masjid/musala dapat menyelenggarakan kegiatan ibadah antara lain:

Halaman
12
Penulis: Ode Dedy Lion Aziz
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved