Breaking News:

Ambon New Port

Jokowi Perintahkan Optimalkan Juga Pelabuhan Yos Sudarso dan Perikanan Nusantara

Hal ini guna mengupayakan optimalisasi fungsi dari pelabuhan yang sudah ada di Ambon agar pemerintah dapat restrukturisasi cara penangkapan ikan.

Courtesy / Youtube Sekretariat Presiden
AMBON: Presiden RI, Jokowi saat mengunjungi Pelabuhan Yos Sudarso, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (25/3/2021) pagi ini. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

TRIBUNAMBON.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) perintahkan mengoptimalkan fungsi dari Pelabuhan Yos Sudarso dan Pelabuhan Perikanan Nusantara di Kota Ambon.

Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam keterangan persnya usai mengikuti rapat khusus yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Kepresiden Jakarta, Senin (29/3/2021).

“Dimasa transisi dalam pembangunan Ambon New Port, kita juga akan memfungsikan dari dua pelabuhan yang ada di Ambon yakni Pelabuhan Yos Sudarso dan Pelabuhan Perikanan Nusantara,” kata Budi.

Rapat khusus membahas Ambon New Port yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresiden Jakarta, Senin (29/3/2021).
Rapat khusus membahas Ambon New Port yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo di Istana Kepresiden Jakarta, Senin (29/3/2021). (Youtube/ Sekretariat Presiden)

Ia menerangkan, hal ini guna mengupayakan optimalisasi fungsi dari pelabuhan yang sudah ada di Ambon agar pemerintah dapat restrukturisasi cara-cara perhitungan penangkapan ikan dalam dua tahun ini.

Lanjutnya, dalam laporan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) banyak sekali hal yang bisa diefektifkan agar fungsi-fungsi penangkapan ikan itu bisa secara masif.

Baca juga: Jokowi Target 2 Tahun Pembangunan Ambon New Port

Baca juga: Pengusaha Perikanan Minta Jokowi Bantu Ekspor Dilakukan Langsung dari Maluku

“Dari situ kita melihat bahwa untuk menjadikan satu sentra lumbung ikan nasional, tidak cukup pelabuhan-pelabuhan yang ada dikembangkan atau digunakan, tetapi kita membutuhkan satu pelabuhan dimana pelabuhan itu jadi pelabuhan terintegrasi bersama dengan pelabuhan industri,” ucapnya.

Nantinya pembangunan Ambon New Port di Kota Ambon, Provinsi Maluku, yang terintegrasi dengan kawasan industri ikan merupakan hal yang hendak diwujudkan untuk mencapai tujuan tersebut. Pemerintah akan mulai melakukan pembebasan lahan di mana selanjutnya pembangunan akan dilakukan dengan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha dan diperkirakan akan memakan waktu selama kurang lebih dua tahun pembangunan.

Untuk diketahui, pada 25 Maret 2021 lalu, Presiden Joko Widodo telah mengujungi Kota Ambon untuk meninjau pelabuhan dan berdialog dengan para pelaku usaha penangkapan ikan. Berdasarkan kondisi di lapangan, Presiden memandang bahwa pembangunan Ambon New Port memang amat diperlukan untuk memajukan sektor perikanan kawasan Maluku dan sekitarnya.

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Salama Picalouhata
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved