Breaking News:

Mulai Januari 2021 ASN Donasi Rp 16 Ribu Per Bulan Bagi Tenaga Kerja Non Formal di Ambon

Wali Kota Ambon, Richard Louhanapessy mengatakan, setiap ASN Ambon akan mendonasikan Rp 16.500 per bulan untuk setiap tenaga kerja non-formal.

Kontributor TribunAmbon.com/Adjeng
Wali Kota Ambon, Richard Louhanapessy mengatakan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan mendonasikan Rp 16.500 per bulan untuk setiap tenaga kerja non-formal, Jumat (09/10/2020) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Adjeng Hatalea

TRIBUNAMBON.COM - Wali Kota Ambon, Richard Louhanapessy mengatakan, setiap Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon akan mendonasikan Rp 16.500 per bulan untuk setiap tenaga kerja non-formal.

Kegiatan ini merupakan donasi ASN peduli perlindungan sosial bagi tenaga kerja sektor informal di Ambon yang diusung oleh Pemkot.

“Kita memprogramkan donasi ASN peduli perlindungan sosial. Jadi, setiap ASN akan menjadi bapak angkat bagi satu orang tenaga kerja non-formal,” kata Wali Kota Ambon, Richard Louhanapessy di Ambon, Jumat (9/10/2020).

Ribuan Tenaga Kerja di Kota Ambon Mendapat Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Dia menerangkan, misalnya sebanyak 6.000 ASN di lingkup Pemkot Ambon masing-masing memberikan bantuan donasi ke 6.000 tenaga kerja non ASN akan membantu para tenaga kerja non ASN di Ambon.

“Untuk ASN golongan dua dapat membantu satu tenaga kerja, atau lebih juga bisa," jelasnya.

"Sedangkan golongan empat atau pejabat eselon dua dipastikan dapat membatu lebih dari satu,” ucap dia.

Perlindungan sosial ini, tambah dia, akan dilakukan dengan cara pembayaran iuran BPJamsostek oleh setiap ASN bagi tenaga kerja yang belum terlindungi.

Adapun besaran iuran yang akan dibayar sebesar Rp 16.500 per bulan.

“Saya pikir jumlah ini masih murah dibandingkan harga satu bungkus rokok, misalnya,” ujar dia.

Menurutnya, program ini merupakan langkah kecil yang diambil oleh Pemkot Ambon untuk membantu para tenaga kerja non-formal.

Sehingga terlindungi dari risiko kehilangan pekerjaan.

Heboh, Mata Air Muncul dari Lantai Tegel Masjid Kota Ambon, Warga Sebut Air Berkah

Setidaknya, para pekerja di Ambon ini terlindungi jaminan sosial baik BPJamsostek dan BPJS Kesehatan.

Adapun program donasi ASN peduli perlindungan sosial bagi tenaga kerja sektor informal di Ambon ini rencananya akan resmi dijalankan pada Januari 2021 mendatang.

Louhanapessy pun berharap tenaga kerja non-formal di Ambon bisa terbantukan baik secara ekonomi maupun kesehatan melalui progaram ini. (*)

Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved