Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Maluku Berpotensi Hujan Sedang hingga Lebat Saat 2023

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah.

Tribun Jogja
Ilustrasi hujan dan angin 

TRIBUNAMBON.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi adanya potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di beberapa wilayah saat Imlek yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2023.

"Khusus untuk periode Imlek yang jatuh pada tanggal 22 Januari 2023, potensi hujan intensitas sedang - lebat tidak merata perlu diwaspadai di sebagian wilayah," ucap Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, dalam siaran resmi, Kamis (19/1/2023).

Potensi ini berdasarkan analisis dinamika atmosfer BMKG yang termonitor dinamika atmosfer dapat memicu potensi hujan lebat di beberapa wilayah Indonesia, mengingat saat ini monsun Asia masih cukup aktif di wilayah Asia.

Sementara itu potensi seruakan dingin dan aliran intas ekuator tidak terlalu aktif saat ini, tapi masih dapat meningkat dalam sepekan ke depan.

Hal ini dapat berdampak secara tidak langsung pada peningkatan pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia.

"Selain itu, gelombang Rossby Ekuator dan gelombang Kelvin saat ini cukup aktif di wilayah timur Indonesia dan turut memicu potensi peningkatan pertumbuhan awan hujan," sebut Guswanto

Baca juga: Jadwal Kapal Maluku, Besok Ada KM Sabuk Nusantara 103 dan 71 Tujuan Maluku Tengah, Tual dan MBD

Intensitas hujan sedang - lebat saat Imlek berpotensi terjadi di wilayah ini:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Sumatera Barat

- Kep. Riau

- Bengkulu

- Jambi

- Sumatera Selatan

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved