Breaking News:

Persiapan Panitia Jelang Festival Tunas Bahasa Ibu di Maluku Sudah Rampung

Secara umum, persiapan menjelang Festival Tunas Bahasa Ibu di Maluku ini sudah rampung.

ist
Persiapan Panitia Jelang Festival Tunas Bahasa Ibu di Maluku Sudah Rampung 

TRIBUNAMBON.COM -- Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) akan digelar di Lapangan Merdeka, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Sabtu (3/12/2022) hari ini.

Secara umum, persiapan menjelang Festival Tunas Bahasa Ibu di Maluku ini sudah rampung.

Seluruh rangkaian acara telah dipersiapkan dengan matang oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku sebagai peyelenggara tahapan Revitalisasi Bahasa Daerah itu.

Kepala Kantor Bahasa Provinsi Maluku, Sahril sekaligus penanggung jawab kegiatan menuturkan, pihaknya sangat siap untuk menyelenggarakan FTBI tingkat provinsi dengan spektakuler.

Kegiatan ini diharapkan dapat menarik 5.000 penonton yang akan hadir untuk melihat penyelenggaraan FTBI tingkat provinsi ini.

Sementara itu, Arie Rumihin, yang ditunjuk ketua panitia mengatakan kesiapan sudah rampung dan siap menyelenggarakan FTBI tingkat provinsi dengan spektakuler. 

Terlebih kata dia, tiga musisi Maluku, yakni Justy Aldrin, Toton Caribo, Ebeng Acom dipastikan akan mengisi acara malam puncak FTBI Tingkat Provinsi itu.

"Ada penampilan dari Justy Aldry, idola para kaum hawa di Ambon. Toton Karibo, lalu ada Ebeng Acom," ucap Rumihin.

FTBI: Tiga musisi Maluku, yakni Justy Aldrin, Toton Caribo, Ebeng Acom dipastikan akan mengisi acara malam puncak FTBI Tingkat Provinsi di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, 3 Desember 2022.
FTBI: Tiga musisi Maluku, yakni Justy Aldrin, Toton Caribo, Ebeng Acom dipastikan akan mengisi acara malam puncak FTBI Tingkat Provinsi di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, 3 Desember 2022. (Courtesy / Kantor Bahasa Maluku)

Baca juga: Justy Aldrin, Toton Caribo dan Ebeng Acom Bakal Manggung di Malam Puncak FTBI 2022

Tujuannya, kata Rumihin, bukan hanya untuk menarik orang untuk datang dan menyaksikan FTBI Tingkat Provinsi, namun hal ini juga bisa membuktikan bahwa dengan menguasai bahasa daerah, para siswa perwakilan dari tiga kabupaten, yakni Kepulauan Tanimbar, Buru, dan Maluku Tenggara ini telah mewujudkan mimpi kebanyakan anak di luar sana.

"Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa, lihatlah adik-adik ini, dengan menguasai bahasa daerah dan menampilkan nya dalam seni, mereka bisa tampil sepanggung dengan Justy, Toton dan Ebeng. Hanya dengan melestarikan bahasa daerah," sebut dia.

Dia pun berharap, para penggemar ketiga bintang tidak akan melewatkan kesempatan menonton langsung penampilan mereka di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu malam.

"Jadi jangan datang sendirian, bawa mama, papa, adek, semuanya biar ramai kita ngumpul di sana. Sebab, acara ini terbuka untuk umum, dan gratis," pungkasnya.

Adapun FTBI Tingkat Provinsi ini merupakan tahapan Revitalisasi Bahasa Daerah, dengan melibatkan tiga kabupaten di Maluku sebagai targetnya.

Yakni, Kabupaten Buru, Kepulauan Tanimbar, dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Seluruh rangkaian acara telah dipersiapkan dengan matang oleh Kantor Bahasa Provinsi Maluku sebagai peyelenggara FTBI. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved