Breaking News:

Tenaga Honorer

Sejumlah Tenaga Honorer di Pemkot Ambon Bakal Diberhentikan Akhir Tahun Ini

Pemberhentian ini menyusul adanya aturan bernomor B/185 M.SM.02.03/2022 tentang peniadaan tenaga honorer di lingkup pemerintahan termasuk Pemkot Ambon

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
Tribun Manado
ILUSTRASI HONORER: Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan, sejumlah tenaga honorer di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bakal diberhentikan akhir tahun 2022 ini. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena mengatakan, sejumlah tenaga honorer di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon bakal diberhentikan akhir tahun 2022 ini.

Pemberhentian ini menyusul adanya aturan bernomor B/185 M.SM.02.03/2022 tentang peniadaan tenaga honorer di lingkup pemerintahan termasuk Pemkot Ambon.

“Berdasarkan surat itu, maka sejumlah tenaga honorer akan diberhentikan dan itu konsekuensi sebagai tenaga honorer,” kata Bodewin Wattimena kepada wartawan, Senin (3/10/2022).

Dijelaskan, terkait surat tersebut, langkah Pemkot Ambon akan dijalankan sesuai aturan.

Yaitu, yang bisa diangkat menjadi PPPK adalah mereka yang sudah menjadi pegawai kontrak atau honor selama lima tahun keatas.

"Diluar itu, tidak bisa diproses sehingga akan diberhentikan. Dan itu juga yang telah disampaikan kepada seluruh OPD dan BKD, juga Sekkot. Itu agar memastikan, siapa yang berhak mendapatkan haknya untuk diangkat sebagai PPPK dan siapa yang diberhentikan,” ungkapnya.

Ditanya soal jumlah tenaga honorer yang akan diberhentikan, Wattimena mengaku belum mendapat angka pasti.

Dan sampai saat ini, pihaknya juga masih menunggu formasi untuk pegawai umum, diluar kesehatan dan guru yang sudah ditetapkan dalam PPPK.

Baca juga: Christianto Laturiuw Ingatkan BKD Segera Inventarisasi Data Tenaga Honorer di Ambon

"Mestinya sejak dua tahun lalu, tidak ada lagi penerimaan honorer dan kontrak ini. Dan itu sudah disurati oleh Kemenpan dan Mendagri, kesalahan Pemkot Ambon adalah mengangkat lagi, padahal sudah tahu tidak boleh," tandasnya.

Diketahui, berdasarkan data BKD Ambon, tenaga honorer di medio April dan Mei 2022 sebanyak 1.603 orang.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved