Breaking News:

Listrik PLN

1.120 Rumah Tangga di Daerah 3T Maluku Peroleh Sambungan Listrik Gratis dari Program BPBL

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara menyebutkan, BPBL ini terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahter

Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Humas PLN UIW MMU
LISTRIK PLN: Secara simbolis, penyalaan sambungan listrik gratis ini dilaksanakan pada dua Kepala Keluarga (KK) di Desa Asilulu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah pada Selasa (22/8/2022) lalu. 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Sebanyak 1.120 rumah tangga tidak mampu di daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (3T) Provinsi Maluku memperoleh BPBL)'>Bantuan Pasang Baru Listrik ( BPBL) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

General Manager PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU), Adams Yogasara menyebutkan, BPBL ini terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan listrik rumah tangga tidak mampu di daerah itu.

Adams Yogasara menjelaskan, program BPBL ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan rasio elektrifikasi serta memenuhi kebutuhan energi listrik yang belum merata, khususnya bagi rumah tangga tidak mampu yang belum tersambung dengan listrik PLN.

"Sebagai langkah awalnya, kami telah melaksanakan pemasangan baru listrik kepada dua kepala keluarga dari keseluruhan rumah tangga yang disasar dari BPBL ini. Harapannya dapat membantu masyarakat di 3T untuk dapat menikmati listrik sebagai bukti bahwa negara hadir," kata Adams melalui keterangan pers, Kamis (25/8/2022).

Penyaluran sambungan listrik gratis ini nantinya akan dilaksanakan oleh PLN secara betahap di Provinsi Maluku.

“Ditargetkan pada Oktober 2022 seluruh rumah tangga yang disasar atau sebanyak 1.120 rumah tangga tidak mampu tersebut dapat seluruhnya terpenuhi," pungkas Adams.

Kegiatan ini sendiri berlandaskan Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 Tahun 2022 tentang Bantuan Pasang Baru Listrik Bagi Rumah Tangga Tidak Mampu. Adapun bantuan untuk 1.120 penyambungan listrik ini menggunakan alokasi Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) Tahun Anggaran 2022 sekitar Rp 1,5 miliar.

Secara simbolis, penyalaan sambungan listrik gratis ini dilaksanakan pada dua Kepala Keluarga (KK) di Desa Asilulu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah pada Selasa (22/8/2022) lalu.

LISTRIK PLN: Mewakili para penerima bantuan, warga Desa Asilulu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pemasangan listrik bagi warga di desa tersebut.
LISTRIK PLN: Mewakili para penerima bantuan, warga Desa Asilulu menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pemasangan listrik bagi warga di desa tersebut. (Courtesy / Humas PLN UIW MMU)

Mewakili para penerima bantuan, Sekretaris Desa Asilulu Ali Mahulette, menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas pemasangan listrik bagi warga di desa tersebut.

"Selaku pemerintah desa dan masyarakat Negeri Asilulu kami mengucapkan terima kasih atas perhatian dari pemerintah dan PLN melalui program BPBL ini. Tentu ini akan sangat berarti bagi masyarakat, khususnya mereka yang tidak mampu”, jelasnya.

Baca juga: Dusun Kudilale-Kabupaten Buru Dialiri Listrik PLN, Warga; Akhirnya Kami Lihat Terangnya Lampu

Seperti diketahui, Kementerian (ESDM) melalui Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan menargetkan 80.000 Rumah Tangga tidak mampu dan tinggal di daerah terdepan, tertinggal dan terluar (3T) menjadi sasaran program BPBL melalui APBN Tahun Anggaran 2022.

Tercatat bahwa Rasio Elektrifikasi (RE) PLN di Provinsi Maluku hingga Juli 2022 yakni mencapai 94,68 persen.

Angka ini terus meningkat dalam kurun waktu 3 tahun terakhir dimana pada 2019 lalu RE PLN di Provinsi Maluku yakni sebesar 87,1 persen, sehingga terdapat peningkatan sebesar 7,58 persen hingga Juli 2022 ini.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved