Breaking News:

Sampah di Ambon

Pasca Tumpukan Sampah Meluber, Wattimena Bakal Bikin TPS di Airbes Batu Merah

Pasalnya, permasalahan sampah meluber di Airbes yang tak kunjung usai meski sudah diangkut berulang kali oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Tumpukan sampah di Kawasan Air Besar, Batu Merah, Ambon tengah dibersihkan Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan Kota Ambon, Sabtu (5/4/2022) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Kota Ambon akhirnya akan membuat tempat pembuangan sampah sementara (TPS) di kawasan Air Besar (Airbes), Batu Merah, Sirimau - Ambon.

Pasalnya, persoalan sampah meluber di Airbes tak kunjung usai meski sudah diangkut berulang kali oleh petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Kota Ambon.

"Kita jadikan saja tempat pembuangan sampah disini, jadi masyarakat kota yang ingin buang sampah kesini tapi buang yang rapi," kata Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena disela-sela pembersihan di Airbes, Sabtu (4/6/2022).

Pembuatan TPS itu, lanjutnya, agar warga tak buang sampah hingga meluber dan sepanjang 25 meter di Airbes.

"Pemerintah hadir untuk mengatasi persoalan masyarakat, kita tidak bisa melarang masyarakat Kota Ambon untuk buang sampah disini. Kita jadikan saja tempat pembuangan sampah disini, jadi masyarakat kota yang ingin buang sampah kesini," jelasnya.

Baca juga: Ditinggal 6 Pemain Inti, Maluku FC; Kami Bangga

Baca juga: 6 Pemain Ini Dipastikan Tak akan Memperkuat Maluku FC Musim Ini, Ada yang Ikut Seleksi Klub Liga 1

Selain TPS, Wattimena juga akan memagari kawasan itu.

"Iya, sebagian mau kita pagari supaya mengurangi penyebaran wilayah untuk pembuangan. Jadi di fokuskan di lokasi yang agak kecil saja. Jadi Waktu mobil datang dia tidak buang waktu untuk mobilisasi karena penyebaran sampah,"

Wattimena berharap setelah dibuatkan TPS, warga tak lagi buang sampah sembarangan.

"Supaya pagi mobil sampah mengangkut, dia fokus ke titik itu saja. Kalau setiap hari diangkut secara rutin, tidak mungkin terjadi tumpukan sampah seperti ini," tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved