Breaking News:

Emas Gunung Botak

Tambang Emas Gunung Botak Masih Berstatus Ilegal, Ini Harapan Masyarakat Pulau Buru

Hingga kini, tambang emas Gunung Botak di Dusun Wamsait, Desa Dava, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, masih berstatus ilegal.

Penulis: Andi Papalia | Editor: Salama Picalouhata
Andy
Masyarakat adat di Buru tengah memasang baliho imbauan terkait aktivitas di tambang emas Gunung Botak, Selasa (24/5/2022) 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Andi Papalia

NAMLEA, TRIBUNAMBON.COM - Hingga kini, tambang emas Gunung Botak di Dusun Wamsait, Desa Dava, Kecamatan Waelata, Kabupaten Buru, masih berstatus ilegal.

Namun, masyarakat berharap pemerintah bisa mengizinkan masyarakat terus menambang di kawasan tersebut.

Pasalnya, banyak masyarakat di Pulau Buru, menggantungkan hidup mereka pada tambang itu.

"Harapan masyarakat kepada Bupati Buru, Gubernur Maluku dan Presiden, agar masyarakat bisa kembali bekerja di tambang emas Gunung Botak, mengingat pandangan masyarakat bahwa gunung botak merupakan ladang atau kebun masyarakat, setiap saat siap panen," kata salah satu tokoh masyarakat, Haji Umar Nurlatu, Selasa (24/5/2022).

Baca juga: Persoalan Tambang Emas di Gunung Botak, Pangdam Pattimura; Kami Siap Bantu Pemerintah Daerah

Nurlatu mengungkapkan, tambang emas gunung botak merupakan potensi kearifan lokal, yang dapat menghidupkan masyarakat di massa pandemi Covid-19.

"Untuk itu harapan kami masyarakat bisa kembali beraktivitas dalam waktu tidak lama, pasca penertiban kemarin," ungkap Nurlatu.

Ia juga meminta, agar masyarakat dapat menahan diri, tidak terus menerus merusak lingkungan di seputaran kawasan Gunung Botak, baik di Kali Anahoni dan sekitarnya.

Serta tidak ada yang memasok, menjual, dan menggunakan bahan kimia berbahaya seperti sianida dan lainnya.

Ia menegaskan, pemerintah hukum adat petuanan Kaiely, meminta kepada Pemerintah Daerah dan Polres Pulau Buru bertindak tegas, tepat, agar tidak ada pembayaran ilegal mining dalam wilayah adat petuanan Kaiely.

"Kami mendukung pihak keamanan terkait penertiban pada areal tambang emas gunung botak, bagi masyarakat diharapkan selalu menjaga keamanan dan ketertiban dimanapun berada, teristimewa di seputaran lokasi tambang," ucapnya. (*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved