Breaking News:

Korupsi di Maluku

Awal Mula Kasus Korupsi Seragam Satpol PP yang Menjerat Asnawy Gay hingga Dituntut 4 Tahun Penjara

Menurut Kejari Buru, korupsi yang diduga merugikan keuangan negara sekitar Rp 257 juta itu dinilai sudah direncanakan sejak awal.

Andi Papalia
Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kabupaten Buru Selatan, Asnawy Gay, telah ditahan, Rabu (10/11/2021) 

TRIBUNAMBON.COM - Pada Senin (14/6/2021), Kejari Buru menetapkan Mantan Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Buru Selatan, Asnawy Gay sebagai tersangka dalam kasus Korupsi Perlengkapan dan Pakaian Linmas Satpol PP Bursel, Tahun Anggaran 2015-2019.

Penetapan dilakukan berdasarkan hasil ekspos yang dilaksanakan tadi pagi oleh tim penyidik dan dari hasil pemeriksaan terhadap 15 orang saksi.

Dari hasil pemeriksaan tersebut, diperoleh bukti cukup terjadinya tindak pidana korupsi, dilakukan oleh tersangka Asnawy Gay.

Namun, saat itu, Asnawy Gay tak langsung ditahan.

Asnawy Gay (kanan) didampingi Kuasa Hukum, Mustaqim Wenno (kiri) saat mendatangi Kejari Buru, Rabu (1/9/2021).
Asnawy Gay (kanan) didampingi Kuasa Hukum, Mustaqim Wenno (kiri) saat mendatangi Kejari Buru, Rabu (1/9/2021). (Andi Papalia)

Menurut Kejari Buru, korupsi yang diduga merugikan keuangan negara sekitar Rp 257 juta itu dinilai sudah direncanakan sejak awal.

Pasalnya, Asnawy Gay meminjam beberapa perusahaan lalu melakukan pembelanjaan sendiri.

Asnawy Gay juga merupakan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Kepala Dinas Satuan Polusi Pamong Praja dan Pemadan Kebakaran (Damkar) Kabupaten Buru Selatan.

Ada tindakan penggelembungan anggaran, hingga harga beli dengan harga notanya tidak sesuai

Asnawy Gay juga memesan kurang lebih 260 potong pakaian dinas senilai Rp 70 juta dan atribut pendukung juga dengan nilai yang sama, yakni sekitar 70 juta.

Namun, nilai pembelian pakaian linmas yang dianggarkan Kasatpol PP hampir Rp. 200 juta, sementara antribut pendukung senilai kurang lebih Rp 197 juta. Sehingga hampir mencapai angka Rp 400 juta rupiah.

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved