Breaking News:

Tim Dokter RST Ambon Angkat Proyektil Dari Korban Konflik Antar Desa yang Positif Covid-19

Korban yang mengalami luka tembak tersebut diketahui berstatus positif Covid-19 saat operasi dijalankan.

ist
Tim dokter Rumah Sakit Tingkat II JA Latumeten Ambon (RST Ambon) menunjukan proyektil peluru yang diambil dari korban konflik Desa Hulaliu dan Desa Aboru yang berstatus positif covid-19. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Gita Irawan

TRIBUNAMBON.COM - Tim dokter Rumah Sakit Tingkat II JA Latumeten Ambon ( RST Ambon) mengambil risiko tertular Covid-19 melakukan operasi terhadap pasien yang mengalami luka tembak saat konflik antar desa terjadi di Ambon, Maluku.

Korban yang mengalami luka tembak tersebut diketahui berstatus positif Covid-19 saat operasi dijalankan.

Kakesdam XVI/ Pattimura, Kolonel Ckm dr Bima Wisnu Nugraha mengatakan operasi dilaksanakan, Kamis (17/2/2022).

Ia mengatakan operasi dilaksanakan sesuai protokol kesehatan Covid-19.

"Tim dokter memakai APD level 3, meskipun demikian bukan berarti tidak ada risiko tertular, tim dokter ini tetap berisiko tertular virus Covid-19," kata Bima dalam keterangan yang diterima, Sabtu (19/2/2022).

Ia mengungkapkan saat itu operasi harus dilakukan segera karena menurutnya tidak mungkin menunggu hingga pasien sembuh dari Covid-19.

Pihaknya mengambil tindakan medis karena ada potensi lukanya akan membusuk dan berisiko bagi keselamatan jiwa pasien tersebut bila dibiarkan terlalu lama.

"Demi menyelamatkan jiwa pasien korban tembak, yang saat ini diketahui positif Covid-19, dokter RST menempuh risiko tertular Covid," kata dia.

Setelah berdiskusi dengan tim dokter RST operasi pengangkatan proyektil dari kaki korban dilakukan akhirnya guna menyelamatkan pasien dari amputasi kakinya.

"Operasi berjalan lancar dan pasien dalam kondisi sehat serta seluruh tim dokter serta perawat yang bertugas juga dalam keadaan sehat," kata dia. (*)

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved