Breaking News:

Penyalahgunaan Narkoba

Divonis 6 Tahun karena Ganja, Warga Gunung Nona–Ambon Ini Ternyata Ditangkap saat Beli Nasi Kuning

Maixon Febrian (28), warga Gunung Nona Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, divonis enam tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ambon.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com
Ilustrasi Penyalahgunaan Narkoba 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Maixon Febrian (28), warga Gunung Nona Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, divonis enam tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Ambon.

Sebelumnya, Febrian ditangkap saat tengah membeli nasi kuning di Jalan Kapitan Ulupaha, Kecamatan Sirimau, Ambon atas kepemilikan ganja.

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa dengan pidana penjara selama 6 tahun di kurangnya selama terdakwa berada dalam tahanan sementara dengan perintah terdakwa tetap dalam tahanan," kata majelis hakim, Rabu (12/1/2022).
Tak hanya pidana badan, majelis hakim juga membebankan terdakwa membayar denda Rp 800 juta subsidier tiga bulan kurungan.

“Terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana melanggar pasal 111 ayat (1) undang-undang RI nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika,” tambah Hakim.

Hal yang memberatkan hukuman terdakwa, yakni tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas penyalahgunaan dan peredaran narkotika di kota.

Sedangkan hal yang meringankan terdakwa, yaitu bersikap sopan dalam persidangan, terdakwa mengaku perbuatannya dan terdakwa belum pernah dihukum.

Diketahui, putusan itu lebih ringan dari tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Secretchil Penturi, yang menuntut terdakwa dengan hukuman pidana tujuh tahun eman bulan (7,6) tahun.

Atas putusan itu JPU maupun terdakwa masih diberikan kesempatan untuk pikir-pikir banding.

Sebelumnya, terdakwa ditangkap oleh tim anggota dari ditresnarkotika polda Maluku sekitar pukul 23.00 WIT, Rabu (4/8/2021) lalu.

Saat itu terdakwa tengah membeli makanan.

Sebelum penangkapan, aparat kepolisian telah mendapat informasi dari informan tentang terdakwa yang memiliki narkotika jenis ganja.

Informan juga yang memberitahu terdakwa tengah membeli makanan di Jalan Kapitan Ulupaha.
Setelah mendapat informasi, tim langsung menuju ke tempat dan menangkap terdakwa.

Terdakwa ditangkap beserta barang bukti berupa tiga pelastik klem bening berisi narkotika golongan satu jenis ganja yang dibalut menggunakan tissue.(*)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved