Breaking News:

Maluku Terkini

Kernek Mobil Pengangkut Sampah Jadi Korban Laka Lantas, Jasa Raharja Serahkan Santunan Rp 50 Juta

Diketahui, almarhum merupakan kernek mobil pengangkut sampah yang saat kejadian, almarhum tengah menjalankan tugas untuk mengangkut sampah.

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Jasa Raharja
PT Jasa Raharja serahkan santunan Rp 50 juta kepada Teresia Luturmas selaku istri Almarhum Leonard Luturmas yang nerupakan korban kecelakaan lalu lintas di Passo. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - PT Jasa Raharja Cabang Maluku serahkan santunan sebesar Rp 50 juta kepada Teresia Luturmas selaku istri dari Almarhum Leonard Luturmas yang merupakan korban kecelakaan lalu lintas di Passo, Selasa (07/09/2021) lalu.

Diketahui, almarhum merupakan kernek mobil pengangkut sampah yang saat kejadian, almarhum tengah menjalankan tugas untuk mengangkut sampah.

Kronologis dari kecelakaan tersebut bermula saat mobil dum truck atau pengangkut sampah sementara parkir di sebelah kiri jalan dan kernek mobil tersebut yakni Almarhum Leonard sementara mengangkut sampah di tempat pembuangan sampah di area Pasar Minggu.

Tiba-tiba melaju dari arah Desa Suli mobil angkot jurusan Hatu Nomor Polisi DE 1914 MU dan langsung menabrak bagian belakang mobil dum truck tersebut serta kernek yang sementara mengangkut sampah.

Akibat dari kecelakaan ini, pengemudi mobil Hatu dan kernek dari dum truck itu mengalami luka-luka sehingga langsung dilarikan ke Rumah Sakit Ottoquyk Ambon untuk mendapatkan perawatan medis.

Korban Leonard Luturmas juga sempat dirujuk dan dirawat di RSUD Haulussy Ambon selama kurang lebih 1 bulan dan akhirnya meninggal dunia.

"Untuk korban kecelakaan maut di Passo, Petugas Mobile Service Jasa Raharja, Rheno Rudy Yusetioyono langsung menindaklanjuti untuk menyerahkan santunan sebesar Rp 50 juta kepada ahli waris yang merupakan istrinya sendiri," kata Kepala Unit Operasional dan Humas PT Jasa Raharja Cabang Maluku, I Komang Gde Artha Negara kepada TribunAmbon.com, Selasa (23/11/2021).

“Untuk biaya perawatan korban selama di RS sudah kami jaminkan sebesar Rp 20 juta ke RS,” terangnya.

Baca juga: Jasa Raharja Serahkan Santunan Rp 50 Juta untuk Istri Almarhum Elsapang Patty, Korban Lakalantas

Baca juga: Futsal di Ambon, Tim Leimena B Berhasil Unggul Tipis atas Sinar Mulia

Ia menerangkan, santunan yang diserahkan merupakan komitmen Jasa Raharja untuk memenuhi hak korban kecelakaan lalu lintas, seperti tertuang dalam UU Nomor 34 tahun 1964 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan.

Dengan ini, Komang berharap bagi masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor agar secara tertib membayar pajak dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) setiap tahunnya agar keselamatan mereka tetap terlindungi.

"Kepada masyarakat yang memiliki kendaraan bermotor agar secara tertib membayar pajak dan SWDKLLJ supaya keselamatan mereka bisa tetap terlindungi oleh Jasa Raharja," pintanya.

Pasalnya, sumber dana untuk membayar santunan kepada korban kecelakaan lalu lintas yang terjamin Jasa Raharja itu diperoleh dari pembayaran SWDKLLJ yang dibayarkan setiap tahun di Kantor Samsat bersamaan dengan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Selain itu, Komang Artha menyampaikan turut berduka cita bagi keluarga korban meninggal dunia.

"Atas nama PT Jasa Raharja Cabang Maluku, turut berduka cita untuk keluarga korban meninggal dunia, semoga korban diterima di tempat terbaik disisi-Nya serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keikhlasan, kesabaran, dan kekuatan," tandasnya.

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved