Breaking News:

Maluku Terkini

4 Kursi Kepala Dinas di Maluku Tengah Resmi Dikompetisikan

Bertempat di Lantai III Kantor Bupati, Kompetisi itu resmi dibuka Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Humas Pemkab Malteng
Salah seorang pimpinan OPD saat mengambil nomor undian peserta seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Pantai III Kantor Bupati Maluku Tengah. Sabtu (3/7/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah membuka formasi jabatan pimpinan tinggi pratama secara terbuka untuk 4 jabatan Kepala Dinas.

Bertempat di Lantai III Kantor Bupati, Kompetisi itu resmi dibuka Bupati Maluku Tengah Tuasikal Abua dan diikuti 13 pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Sabtu (3/7/2021) pagi.

4 jabatan yang di seleksi diantaranya : Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Kepala Dinas Dinas Penanaman Modal dan PTSP dan Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura.

Bupati Tuasikal Abua dalam sambutannya mengatakan, seleksi jabatan pimpinan tinggi pratama di lingkup Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah Tahun 2021 mempunyai fungsi yang sangat strategis dalam rangka penyelenggaraan reformasi birokrasi, khususnya untuk pengisian jabatan pimpinan tinggi pratama, sesuai lowongan formasi secara selektif dan terbuka berdasarkan ketentuan yang berlaku.

“Seleksi ini bertujuan untuk pelaksanaan pengembangan karier, pengembangan kompetensi serta promosi pegawai negeri sipil secara kompetitif dan terbuka bagi calon pejabat pimpinan tinggi pratama yang dilakukan transparan, objektif akuntabel,” ujarnya.

Baca juga: Niat Bantu Warga Pulau Buru Dialiri Listrik, Tanaya Malah Dijadikan Tersangka Kasus PLTG Namlea?

Baca juga: Para Bocah di Pelabuhan Amahai-Maluku Tengah Ojek Payung untuk Tambahan Uang Jajan

Lanjutnya, semua pejabat pimpinan tinggi pratama harus mempunyai komitmen melakukan reformasi birokrasi, memiliki kompetensi, baik manajerial, teknis maupun sosio cultural sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Menteri PANRB Nomor 38 Tahun 2017 tentang Standar Kompetensi Jabatan Aparatur Sipil Negara.

Sehingga untuk meningkatkan kualitas dan profesionalitas aparatur, maka salah satu cara yang harus dilakukan adalah menciptakan birokrasi yang efektif dan efisien melalui pengembangan SDM aparatur sipil negara yang memiliki integritas dan kompetensi yang tinggi.

“Aparatur yang saya maksudkan tersebut dapat berfungsi sebagai pendorong dan penggerak reformasi birokrasi dan pembangunan, serta perekat persatuan dan kesatuan bangsa,” jelasnya.

Selain itu, Tuasikal menekankan perlunya loyalitasterhadap pimpinan.

"Hal ini penting saya sampaikan, karena dengan loyalitas, dinamika birokrasi akan berjalan dan terlaksana dengan baik demi menciptakan kualitas tata kelola pemerintahan yang lebih bermartabat,” tegasnya.

Melalui pembangunan bidang aparatur negara, diharapkan dapat mewujudkan birokrasi pemerintah yang lebih profesional, berintegritas tinggi, dan mampu menjadi pelayan bagi masyarakat.

“Saya berharap, melalui seleksi ini dapat terpilih calon Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang kompeten, berdedikasi dan memiliki loyalitas yang tinggi kepada Negara, Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah serta memiliki keberpihakan pada kepentingan masyarakat,” harap bupati.

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved