Breaking News:

Maluku Terkini

Setelah Lima Satker, Kini Giliran Polda Maluku yang Canangkan Zona Integritas

Pencanangan program untuk meraih predikat WBK-WBBM Tahun 2021 tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si di Rua

Courtesy / Humas Polda Maluku
MALUKU: Polda Maluku mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK dan WBBM, Selasa (27/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Fandi Wattimena

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Setelah lima satuan kerja (Satker) dan Satuan Kewilayahan (Satwil) di lingkungan Kepolisian Daerah (Polda) Maluku mencanangkan pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), kali ini, giliran Polda Maluku mencanangkan hal serupa.

Pencanangan program untuk meraih predikat WBK-WBBM Tahun 2021 tersebut dipimpin langsung oleh Kapolda Maluku, Irjen Pol. Drs. Refdi Andri, M.Si di Ruang Rapat Utama, Markas Polda Maluku, Kota Ambon, Selasa (27/4/2021) pagi.

"Hari ini Polda Maluku mencanangkan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM yang sebelumnya telah dilaksanakan deklarasi pernyataan kesiapan oleh masing-masing satker dan satwil di jajaran Polda Maluku, dan disaksikan oleh stakeholder satker dan satwil masing-masing," kata Refdi.

Baca juga: Diberitakan Wartawan, Akhirnya Air PDAM Kembali Mengalir di Pandan Kasturi

Lanjutnya, selain Polda, di tahun ini terdapat 24 Satker dan 5 Satwil di jajaran Polda Maluku yang baru mulai mencanangkan pembangunan zona integritas.

Namun, terdapat juga sejumlah Satker dan Satwil di jajaran Polda Maluku yang telah mengusulkan pembangunan zona integritas, namun belum berhasil mendapatkan predikat WBK-WBBM.

"Tahun lalu yang belum berhasil dari Ditlantas (Direktorat Lalulintas), Polresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease dan Polres Pulau Buru. Sehingga tahun 2021 telah diusulkan kembali ditambah Polres Tual dan Polres Maluku Tengah untuk meraih predikat WBK-WBBM," ungkapnya.

"Tahun ini juga terdapat lagi tambahan baru sebanyak 1 Satker dan 4 Satwil yang juga mengusulkan zona integritas," kata mantan Kakorlantas Polri ini.

Baca juga: Masyarakat di Maluku Bebas Mudik Pakai Armada Ferry

Refdi berharap di tahun ini jajaran Polda Maluku dapat meraih predikat sebagai kawasan bebas korupsi, serta birokrasi bersih dan melayani dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

"Untuk satker dan satwil yang baru mulai membangun zona integritas pada tahun 2021 diharapkan dapat mempersiapkan diri dan berkomitmen untuk diusulkan meraih predikat WBK-WBBM pada tahun berikutnya," pintanya.

Sekedar diketahui, dalam pencanangan itu, turut hadir Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku Rorogo Zega, mendampingi Kapolda serta Wakapolda Maluku Brigjen Pol. Drs. Jan de Fretes, M.M.

Hadir juga Kepala Pengadilan Tinggi Maluku, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Maluku, Kepala BPKP Maluku, Irwasda Maluku beserta para Pejabat Utama Polda Maluku. (*)

Penulis: Fandi Wattimena
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved