Breaking News:

Prakiraan Cuaca

Dampak Bibit Siklon Tropis, Waspada Cuaca Ekstrem di Maluku Barat Daya dan Kepulauan Tanimbar

Badan Meteorologi Geofisika Klimatologi (BMKG) memprakirakan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur, semakin menguat dalam beberapa

Grafis/Rahmandito Dwiatno
Prakiraan cuaca Maluku Rabu 10 Februari 2021, 5 kota diprediski berawan pada pagi hari. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Salama Picalouhata

TRIBUNAMBON.COM - Badan Meteorologi Geofisika Klimatologi (BMKG) memprakirakan bibit siklon tropis 99S di Laut Sawu, Nusa Tenggara Timur, semakin menguat dalam beberapa jam ke depan.

“Secara tidak langsung keberadaan bibit siklon tersebut dapat berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatkan labilitas atmosfer dan pertumbuhan awan hujan,” ujar Kepala BMKG Maluku Stasiun Meteorologi Kelas I Pattimura Ambon, Kamari, Minggu (4/4/2021).

Dia melanjutkan, kondisi ini menyebabkan cuaca ekstrem berupa hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang dalam periode beberapa hari ke depan.

Lanjutnya, cuaca ekstrem itu akan terjadi di sebagian wilayah Maluku, yakni Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Tanimbar.

Dia pun mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem dan dampak bencana hidrometeorologi yang ditimbulkan seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, dan sebagainya.

“Masyarakat diimbau agar tetap memperbarui informasi dari BMKG serta instansi terkait untuk memastikan mitigasi bencana hidrometeorologi dapat dilakukan dengan baik.,” lanjut dia. (*)

Penulis: Salama Picalouhata
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved