Breaking News:

Ambon Terkini

Berada Di Kawasan Strategis, Taman Pahlawan Nasional Maluku Justru Tidak Terawat

Dari pantauan TribunAmbon.com, Minggu (28/3/2021) taman yang berada di antara ruas jalan utama itu terlihat sepi dan tidak terawat.

TribunAmbon.com/Dedy
AMBON: Sampah berserakan di Taman Pahlawan Nasional Maluku yang berada tepat di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Minggu (28/3/2021) 

Laporan Wartawan, TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Empat tahun diresmikan, Taman Pahlawan Nasional Maluku yang berada tepat di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, kini tak terawat dan berserakan sampah.

Dari pantauan TribunAmbon.com, Minggu (28/3/2021) taman yang berada di antara ruas jalan utama itu terlihat sepi dan tidak terawat.

Hanya beberapa lapak penjual makanan cepat saji.

Sayangnya, dari berbagai sudut taman itu masih terlihat sampah berserakan.

AMBON: Taman Pahlawan Nasional Maluku yang berada tepat di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon dipenuhi berbagai jenis sampah, Minggu (28/3/2021).
AMBON: Taman Pahlawan Nasional Maluku yang berada tepat di Jalan Jendral Sudirman, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon dipenuhi berbagai jenis sampah, Minggu (28/3/2021). (TribunAmbon.com/Dedy)

Kolam air mancur pun sudah tak berfungsi dan genangan air dipenuhi berbagai jenis sampah.

Beberapa jenis sampah yang berserakan seperti, sampah plastik, kemasan rokok dan bekas bungkusan makanan.

Meski demikian, pelapak makanan masih beroperasi di samping taman itu.

Menurut Yulita Rado, salah seorang pelapak makanan cepat saji yang sudah tiga bulan berjualan di tempat itu, mengaku taman itu cukup strategis untuk berjualan makanan cepat sajinya.

Hanya saja tumpukan sampah yang memenuhi taman beserta kolamnya membuat taman itu kehilangan keindahannya dan berpengaruh pada minat pelanggannya.

“Sebenarnya taman ini bagus, tapi gara-gara sampah orang jadi ragu beli dagangan saya,” ujarnya.

 Kata dia, sejauh ini belum ada petugas kebersihan yang secara rutin membersihkan taman itu, padahal letaknya sangat strategis.

Ia menambahkan, sudah seharusnya semua masyarakat Kota Ambon sadar akan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Apalagi di fasilitas publik yang melambangkan Pahlawan Nasional Maluku.

“Ini bukan cuma tugas dinas kebersihan, tapi juga kesadaran masyarakat untuk tidak buang sampah sembarangan dan melakukan pembersihan setiap minggunya,” tandasnya.(*)

Penulis: Ode Dedy Lion Aziz
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved