Breaking News:

Kunker Jokowi ke Maluku

Jokowi Tinjau Vaksinasi dan Dengar Keluhan Pengusaha Ikan di Pelabuhan Yos Sudarso Ambon

Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan mengecek Pelabuhan Yosudarso, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (25/3/2021)

Courtesy / Youtube Sekretariat Presiden
AMBON: Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan mengecek Pelabuhan Yosudarso, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (25/3/2021) pagi. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.Com, Salama Picalouhata

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Kota Ambon.

Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan mengecek Pelabuhan Yosudarso, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (25/3/2021) pagi.

Jokowi bersama sejumlah jajarannya meninjau pelabuhan yang melayani pelayaran kapal peti kemas dan penumpang itu, sekaligus mendengar keluhan pengusaha perikanan di Maluku yang disiarkan secara langsung lewat kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi tampak langsung meninjau vaksinasi covid-19 yang diperuntukan bagi para petugas atau pekerja publik di pelabuhan yang terdiri dari pegawai dari PT Pelni, PT Pelindo, dan KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan).

Setelah itu, dia mengecek pelabuhan Yosudarso tak jauh dari lingkungan Pelabuhan Yosudarso Ambon.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Maluku, Murad Ismail menyampaikan beberapa produk perikanan unggulan yang diekspor ke luar negeri, seperti ke Jepang, Amerika dan lainnya.

“Perikanan yang dihasilkan yaitu tuna. Kami telah mengingrim tuna loin sebanyak 83 ton ke Los  Angeles. Ikan cakalang beku, tuna, pelingis, kawalinya. Produksi ini selain dipasarkan dalam negeri diekspor ke Amerika, jepang,” ucap Murad.

Dia menyebutkan, beberapa perusahan yang turut membantu Provinsi Maluku dalam melakukan proses ekspor, di antaranya; PT. Samudra Indo Sejahtera, PT Peduli Laut Maluku.

Sementara itu, Jokowi juga mendengar keluhan pengusaha perikanan.

AMBON: Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan mengecek Pelabuhan Yosudarso, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (25/3/2021) pagi.
AMBON: Jokowi meninjau pelaksanaan vaksinasi covid-19 dan mengecek Pelabuhan Yosudarso, Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Kamis (25/3/2021) pagi. (Courtesy / Youtube Sekretariat Presiden)

Kuntoro Alfred Kusno, seorang pengusaha perikanan menyebutkan Maluku memiliki potensi yang melimpah, namun tidak bisa dimanfaatka dengan baik.

Salah satu kendalanya yakni persoalan logistik.

“Tidak banyak investor di perikanan karena biaya logistik cukup tinggi. Contohnya saya ekspor ke jepang, saya minimum harus order 40 kontener ke Surabaya lalu dikirim kosong ke ambon. Jadi kita double handling. Maaf infrastruktur di kota ambon ini kecil jadi nga bisa ditarik, bisanya dua puluh feet. Kita rasa betul kalau di ambon harus punya ambon new port,” kata Kuntoro Alfred Kusno.

Kunjungan dilanjutkan ke Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) dr. J. Leimena, Kota Ambon di kawasan Rumah Tiga, Teluk Ambon untuk meninjau jalannya vaksinasi massal bagi para tokoh agama, tenaga pengajar dan kependidikan, hingga pekerja publik.

Penulis: Salama Picalouhata
Editor: Adjeng Hatalea
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved