Breaking News:

Maluku Terkini

Daftar Tunggu Calon Haji Maluku Tengah Capai 15 Tahun

Daftar tunggu Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Maluku Tengah saat ini mencapai 1913 orang dengan total jatah tahunan sebanyak 135 jamaah.

TribunAmbon.com/ Lukman Mukadar
Rapat pembahasan Uji Publik Ranperda Pelaksanaan Ibadah Haji (PIH) Provinsi Maluku di Aula Iklas Beramal Kementerian Agama maluku Tengah, Masohi, Rabu (17/2/2021). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Daftar tunggu Calon Jamaah Haji (Calhaj) Kabupaten Maluku Tengah saat ini mencapai 1913 orang dengan total jatah tahunan sebanyak 135 jamaah.

Dengan jumlah itu, masa tunggu waktu Calhaj Maluku Tengah mencapai 15 tahun.

“Wating List kita sampai dengan tanggal 17 Februari ini sebanyak 1913 pendaftar,” Kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten MalukuTengah, M. Hanafi Rumatiga saat rapat pembahasan Uji Publik Ranperda Pelaksanaan Ibadah Haji (PIH) Provinsi Maluku di Aula Iklas Beramal Kementerian Agama maluku Tengah, Masohi, Rabu (17/2/2021).

Jumlah pendaftar haji terus naik dengan rincian, tahun 2018 sebanyak 596 calon, 2019 menjadi 1086 calon, kemudian 2020 hingga awal 2021 ini naik menjadi 1913 pendaftar.

Menurutnya, rerata perbulan sebanyak  45 orang masuk dalam daftar antrian.

Baca juga: DPRD Maluku Percepat Ranperda Penyelenggaraan Ibadah haji

Jika dilakukan perbandingan anatara 1913 daftar tunggu dengan 135 orang pertahun maka untuk menghabiskan 1913 orang itu jamaah yang mendaftar bisa menunggu paling lama 15 tahun.

 “Jadi saat ini pertahun itu pendaftar mengalami peningkatan menjadi 540,” terang Hanafi.

Hal itu juga ditegaskan Wakil Ketua DPRD Maluku, Abdullah Asis Sangkala, dia menyebut, dalam daftar tunggu haji di Provinsi Maluku juga mencapai 15 tahun.

“Karena kita sudah antri 15 tahun kita berharap sesegera mungkin kementerian mereview lagi penetapan kuota untuk Maluku tengah sehingga bisa meningkat dari jumlah yang sudah ditetapkan dari tahun sebelumnya,” terang Ketua DPW PKS Maluku itu.

Dia pun memastikan DPRD akan terus memperjuangkan penambahan kuota haji bagi Maluku, terkhusus Maluku Tengah. (*)

Penulis: Lukman Mukadar
Editor: Fandi Wattimena
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved