Breaking News:

Ambon Terkini

Sampah Plastik Berserakan di Lapangan Merdeka Ambon, Percuma Ada Tempat Sampah

Sampah plastik masih terlihat berserakan di setiap sudut Lapangan Merdeka Kota Ambon. Padahal di setiap sudut lapangan itu disediakan tempat sampah.

Courtesy / Humas Pemda Maluku
AMBON - Ketua TP-PKK Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad mengimbau masyarakat Kota Ambon untuk membuang sampah pada tempat sampah yang sudah disediakan, Sabtu (13/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Sampah plastik masih terlihat berserakan di setiap sudut Lapangan Merdeka Kota Ambon. Padahal di setiap sudut lapangan itu disediakan tempat sampah.

Ketua TP-PKK Maluku, Widya Murad Ismail mengatakan, ruang terbuka itu kerap dijadikan tempat berkumpul favorit berbagai komunitas anak muda di Kota Ambon.

Sayangnya, dia menilai masih kurang adanya kesadaran masyarakat kota ketika berkunjung. Hal ini terlihat dari betapa banyaknya sampah plastik berupa kemasan botol minuman dan makanan yang berserakan di setiap sudut lapangan.

"Sebelumnya dari hasil tinjauan kami memang ternyata di Lapangan Merdeka ini sampahnya lumayan banyak berserakan, terutama sampah plastik,” tutur Widya saat menggelar kegiatan Gerakan TP-PKK Peduli Sampah di Lapangan Merdeka Ambon, Sabtu (13/2/2021).

Dia menyebutkan, pihaknya sudah menempatkan tempat sampah di sejumlah titik yang tersebar di Lapangan Merdeka, namun rupanya percuma saja.

“TP-PKK tidak bisa melakukannya sendiri, sebab kesadaran masyarakat lah yang sangat penting," ucap Widya.

Untuk mengedukasi masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan, pihaknya menggelar kegiatan Peduli Sampah tersebut.

Dia berharap, dengan gagasan itu dapat meningkatkan kesadaran masyarakat agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Masalah sampah dan kebersihan lingkungan bukan saja menjadi tanggungjawab pemerintah, tetapi menjadi tanggungjawab kita semua agar tercipta lingkungan bersih, sehat dan bebas dari sampah,” tandasnya.

Dia juga mengimbau masyarakat yang melakukan aktivitasnya di Lapangan Merdeka agar selalu peduli terhadap kebersihan lingkungan di ruang publik tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Siauta menyampaikan tiga hal terkait membangun kesadaran untuk kepedulian untuk menjaga lingkungan dari sampah. 

Ia menyebutkan, pertama, adalah kesadaran. Kedua, merubah perilaku. Dan ketiga  mengenai budaya atau kebiasaan. 

“Apabila semua pihak berpegang pada ketiga prinsip diatas, maka persoalan sampah pasti terselesaikan,” ucap Roy Siauta.

Penulis: Mesya Marasabessy
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved