Breaking News:

Update Corona di Ambon

Jadi Garda Terdepan, Ini Kisah Petugas Pengambil Sampel Swab Pasien Corona di Ambon

Petugas laboratorium juga menjadi garda terdepan dalam menangani virus corona covid-19, selain dokter dan perawat. 

TribunAmbon.com/Salma
PETUGAS LABORATORIUM - Perempuan bernama Jheany, seorang petugas lab di salah satu rumah sakit rujukan covid-19 di Ambon tengah menjalankan tugasnya, Rabu (20/1/2020). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Salama Picalouhata

AMBON, TRIBUNAMBON.COM– Petugas laboratorium juga menjadi garda terdepan dalam menangani virus corona covid-19, selain dokter dan perawat. 

Perempuan bernama Jheany, seorang petugas lab di salah satu rumah sakit rujukan covid-19 di Ambon itu menceritakan bagaimana ia harus berhadapan dengan pasien.

Sehari-hari, dia bertugas mengambil swab dari orang yang berstatus pasien dalam pengawasan. Tentu saja hal ini sangat berisiko baginya.

Pasalnya, test swab adalah proses pengambilan lendir langsung dari saluran pernapasan dengan mengusap tenggorokan atau hidung pasien.

Namun, karena sudah dilengkapi alat pelindung diri (APD) yang sesuai dengan prosedur operasi standar atau standar operational procedure (SOP), ia percaya dirinya aman saat menangani pasien.

Perempuan berusia 22 tahun itu, memakai APD hingga berlapis-lapis. Dia memakai masker hingga cover sepatu, untuk membuat dirinya terlindung dari ujung rambut hingga ujung kaki. 

Kata dia, semuanya harus tertutup rapat agar tak terkontaminasi virus corona yang menyerang sistem pernafasan tersebut.

"Kalau takut sih ngga ada. Pertama, kita udah dikasih APD lengkap dan vitamin. Bahkan juga ada pengecekan tiap minggu. Kalau memang misalnya positif ya memang harus langsung ada tindakan. Jadi ngga dibiarkan gitu aja," kata Jheany.

Dalam sehari, ia mengaku bisa mengambil lebih sepuluh sampel pasien yang nantinya akan diperiksa untuk diketahui apakah pasien tersebut positif atau negatif.

Halaman
123
Penulis: Salama Picalouhata
Editor: Adjeng Hatalea
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved