Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Ambon Meningkat 3 Tahun Terakhir, Pemkot Lakukan Ini

Kasus kekerasan terhadap Anak dan perempuan di Ambon mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir.

Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Ambon Meningkat 3 Tahun Terakhir, Pemkot Lakukan Ini
Kontributor TribunAmbon.com/Helmy
Anak anak di Ambon 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Helmy

TRIBUNAMBON.COM - Kasus kekerasan terhadap Anak dan perempuan di Ambon mengalami peningkatan selama tiga tahun terakhir.

Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan anak dan Masyarakat Desa (DP3MD) Kota Ambon menyebut, kenaikan kasus terbilang signifikan.

Kepala DP3MD Kota Ambon Rulien Purmiasa saat ditemui TribunAmbon.com membenarkan hal tersebut.

Menurutnya khasus kekerasan terhadap anak dari tiga tahun terakhir terus mengalami peningkatan yakni pada tahun 2017 terdapat 24 kasus, 2018 30 khasus dan 2019 85 kasus.

"Kenaikan rata-rata per tahun mencapai 116,7 persen, kasus terbanyak merupakan persetubuhan dan pemukulan terhadap anak," kata dia ditemui di ruang kerjanya jumat (13/3/2020).

Anak anak sedang bermain
Anak anak sedang bermain (Kontributor TribunAmbon.com/Helmy)

Sementara untuk kekerasan terhadap perempuan lanjut Purmiasa, tahun 2017 tercatat 23 kasus, tahun 2018 34 kasus dan tahun 2019 40 kasus, dimana KDRT adalah kasus yang mendominasi sejak tiga tahun terakhir dengan kenaikan rata-rata 56,6 persen.

Sebelumnya Dinyatakan Hilang, Nelayan Asal Kamal ditemukan Meninggal Mengapung di Laut

"Memang dalam catatan kami mengalami peningkatan sangat signifikan, untuk kekerasan terhadap anak mengalami tren kenaikan 116,7 persen dalam 3 tahun terakhir," jelasnya,

"Sementara kekerasan terhadap mengalami tren kenaikan sebesar 56,6 persen pada periode yang sama, dengan kasus yang paling menonjol adalah pencabulan, pemukulan terhadap anak dan KDRT", tambah dia.

Sementara untuk awal tahun 2020 sendiri periode Januari hingga Februari tercatat sedikitnya 15 kasus kekerasan perempuan dan anak yang dilaporkan.

Halaman
123
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved