Breaking News:

API 2023

Tahun Ini, Maluku Tuan Rumah Anugerah Pesona Indonesia 2023

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) Provinsi Maluku, Affandy Hasanussi memastikan provinsi berjuluk Raja-raja

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Mesya Marasabessy
Kadisparekraf Provinsi Maluku, Affandy Hasanussi saat diwawancarai terkait kesiapan Maluku jadi tuan rumah API 2023. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUAMBON.COM - Provinsi Maluku akan menjadi tuan rumah ajang Anugerah Pesona Indonesia (API) tahun 2023. 

Pelaksanaannya direncanakan digelar November 2023 mendatang di Kota Ambon.

Menanggapi itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kadisparekraf) Provinsi Maluku, Affandy Hasanussi memastikan provinsi berjuluk Raja-raja ini siap sebagai tuan rumah. 

Dia pun antusias, mengingat API bakal menjadi ajang promosi besar-besaran potensi wisata hingga budaya Maluku.

Kerja sama seluruh pihak diminta, mulai dari perhotelan, restoran, transportasi serta kawasan wisata agar menyiapkan pelayanan terbaik menyambut API di Maluku.

"Kan masih cukup lama juga. Tapi saya harus bilang bahwa kita harus siap. Sebab ini juga kesempatan untuk memperkenalkan daerah kami," kata Affandy kepada wartawan, Senin (23/1/2023).

Lanjutnya, Gubernur Provinsi Maluku, Murad Ismail sebelumnya telah memastikan kesiapan Maluku menyambut ajang ini.

"Kalau banyak orang yang datang, keuntungan juga bagi perhotelan, restoran, objek wisata dan yang lain. Untuk itu bantu pemerintah untuk siap dalam pelayanan terbaik," pintanya.

Baca juga: Itinerary Sehari di Pulau Saparua - Maluku, Bisa Kunjungi Tempat-tempat Ini

Baca juga: Mau Makan Nasi Kelapa Hitu di Kota Ambon? Ada di Re-Chef Al Jazirah

Lanjut Affandy, saat pegelaran API Award 2023 di Maluku nanti, para tamu yang datang bukan hanya sekadar mengikuti acaranya, tetapi juga akan berwisata. 

"Karena mereka yang datang ini bukan hanya sekadar mengikuti acara ini, tetapi juga ingin ke mana-mana, jalan-jalan. Apa lagi banyak keindahan pantai yang kita punya di Maluku," sebutnya.

Ia juga meminta para pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) serta pelaku ekonomi kreatif lainnya untuk tidak berhenti dan terus mengembangkan potensi usahanya menjadi lebih menarik. 

"Makanya kami juga mengimbau kepada para pelaku UMKM, pelaku ekonomi kreatif, jangan berhenti. Terus membangun dan mengembangkan potensinya ya sekreatif mungkin. Jangan ikut-ikutan dengan yang lain. Buat punyamu sendiri supaya dikenal. Supaya didatangi banyak orang," ucapnya.

Ditambahkan, hal ini menjadi tanggung jawab seluruh pemangku kepentingan. 

Khususnya sektor pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran agar mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menjadi tuan rumah API Award tahun 2023 mendatang.

"Mari kita buat yang terbaik. Jangan saling menjatuhkan. Kita berbenah untuk Maluku yang lebih baik," tukasnya.

Diketahui, Anugerah Pesona Indonesia (API) merupakan rangkaian kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam upaya membangkitkan apresiasi masyarakat terhadap pariwisata Indonesia. 

Disamping itu, penyelenggaraan API juga bertujuan untuk mendorong peran serta berbagai pihak, baik Masyarakat, pihak Industri/Swasta maupaun Pemerintahan-pemerintahan Daerah dari Provinsi, Kabupaten, dan Kota, dalam mempromosikan pariwisata serta mengembangkan ekonomi kreatif secara langsung, nyata dan masif di masing-masing daerah. 

Aceh, merupakan tuan rumah terakhir dari penyelenggaraan API 2022. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved