Breaking News:

Kepemiluan

PPK Dilantik, Pj Bupati Andi Chandra: Jadikan Ini Tolak Ukur Keberhasilan Demokrasi

Untuk itu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mesti menjadikan proses dan orientasi kerjanya sebagai tolak ukur keberhasilan demokrasi

Penulis: Rahmat Tutupoho | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Rahmat Tutupoho
55 PPK se-Kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dilantik di Lantai III Kantor Bupati, Rabu (4/1/2023). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Rahmat Tutupoho

PIRU, TRIBUNAMBON.COM - Pemilu merupakan perwujudan pelaksanaan demokrasi. 

Untuk itu, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) mesti menjadikan proses dan orientasi kerjanya sebagai tolak ukur keberhasilan demokrasi.

"Jenjang penyelenggara kepemiliuan baik dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) hingga yang paling tertinggi mesti menjadikan proses kerjanya sebagai tolak ukur keberhasilam demokrasi," kata Andi Chandra dalam sambutannya di Kantor Bupati Seram Bagian Barat (SBB), Rabu (4/1/2022).

Ia menjelaskan, masyarakat berpartisipasi memilih DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, Presiden dan Wakil Presiden, serta kepala daerah baik Gubernur maupun Bupati dan Walikota.

Makanya, pemilu berkualitas bakal terpenuhi bila berjalan secara baik, lancar, sekaligus aman berdasarkan komitmen integritas yang dipegang sebagai landasan kerja.

Baca juga: Lantik Anggota PPK se-Maluku Tengah, Ketua KPU Dus Ningkeula Ingatkan Jaga Netralitas

Baca juga: Bawa Oleh-oleh Usai Berkunjung ke Taman Kincir Angin, Lumayan Bisa Dijadikan Pajangan di Rumah

"Partisipasi masyarakat dari tingkat paling bawah hingga teratas. Maka dari itu, memerlukan komitmen dan integritas yang kokoh," terangnya.

Kedepannya, PPK mengemban tugas melaksanakan penyelenggara pemilu ditingkat kecamatan sesuai amanat peraturan perundang-undangan yang memiliki peran penting dan strategis.

Olehnya itu, Andi Chandra berharap PPK dapat menyelesaikan seluruh tahapan dengan memprioritaskan sikap profesional menjaga amanah negara.

"Perlu diingat, pelantikan ini amanah negara yang dijaga dan dijalankan penuh tanggung jawab dengan tetap berpegang pada profesionalitas," tutupnya.

Data dihimpun, sebanyak 55 PPK se-kecamatan di daerah berjuluk 'Saka Mese Nusa' dilantik di Lantai III Kantor Bupati.

Pelantikan dihadiri sejumlah pejabat tinggi dilingkup Organisasi Pimpinan Daerah (OPD), Kapolres, dan Komandan Distrik Militer. (*) 

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved