Breaking News:

Global

Iran Blokir WhatsApp dan Instagram di Tengah Protes Kematian Mahsa Amini Kian Memanas

Pemadaman internet yang signifikan juga dilaporkan di seluruh negeri, dengan salah satu operator telepon seluler terbesar terganggu, membuat jutaan or

Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Reuters
Iran telah membatasi akses ke jaringan media sosial Instagram dan WhatsApp di tengah protes atas kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi, menurut warga dan pengawas internet NetBlocks. 

TRIBUNAMBON.COM - Iran telah membatasi akses ke jaringan media sosial Instagram dan WhatsApp di tengah protes atas kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi, menurut warga dan pengawas internet NetBlocks.

Pemadaman internet yang signifikan juga dilaporkan di seluruh negeri, dengan salah satu operator telepon seluler terbesar terganggu, membuat jutaan orang Iran offline seperti yang dikutip dari Aljazeera.

Kematian Mahsa Amini, 22 tahun, pekan lalu, yang ditangkap oleh polisi moral di Teheran karena “pakaian yang tidak sesuai”, telah memicu gelombang kemarahan atas isu-isu termasuk kebebasan di Republik Islam dan ekonomi yang terhuyung-huyung akibat sanksi.

Setidaknya enam pengunjuk rasa kini telah tewas, menurut media dan pejabat Iran, serta seorang perwira polisi dan anggota milisi pro-pemerintah.

Namun, kelompok aktivis mengatakan jumlah korban tewas lebih tinggi.

NetBlocks juga melaporkan "kehilangan konektivitas skala nasional" pada penyedia telepon seluler utama Iran dan jaringan perusahaan lain.

Server WhatsApp terganggu di beberapa penyedia internet, beberapa jam setelah layanan Instagram diblokir, kata NetBlocks yang berbasis di London.

Data kelompok itu menunjukkan gangguan hampir total terhadap layanan internet di beberapa bagian provinsi Kurdistan di Iran barat sejak Senin, sementara ibu kota Teheran dan bagian lain negara itu juga menghadapi gangguan sejak Jumat, ketika protes pertama kali pecah.

Dua warga di Teheran dan Iran selatan mengatakan mereka hanya bisa mengirim teks dan bukan gambar di WhatsApp dan bahwa Instagram tampaknya benar-benar diblokir.

Kedua platform tersebut dimiliki oleh Meta, perusahaan induk Facebook dan termasuk di antara beberapa jaringan media sosial yang masih beroperasi.

Halaman
12
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved