Breaking News:

Sampah di Ambon

Pembersihan Sampah di Teluk Ambon Terhambat Hujan Deras dan Gelombang Tinggi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Syauta mengatakan pemerintah sementara ini belum bisa mengangkut sampah di Teluk Ambon.

Tanita
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Syauta saat diwawancarai terkait sampah di Teluk Ambon, Selasa (8/8/2022) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Derasnya curah hujan di Kota Ambon dalam sebulan terakhir menghambat pembersihan sampah di Teluk Ambon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Maluku, Roy Syauta mengatakan pemerintah sementara ini belum bisa mengangkut sampah di Teluk Ambon.

Pasalnya, kondisi cuaca buruk di Ambon bahayakan bagi keselamatan pegawai kebersihan.

"Selama banjir, ombak ini, kita belum ada tindak lanjut, karena cukup bahaya ya bagi petugas," kata Syauta kepada TribunAmbon.com diruang kerjanya, Selasa (9/8/2022).

Syauta menambahkan, proses pembersihan masih menunggu kondisi cuaca di Kota Ambon membaik.

"Pasti kita menunggu cuaca membaik baru kita lanjutkan (pembersihan sampah di Teluk)," tambah Syauta.

Baca juga: BRIN Ungkap Temuan Limbah Jenis Minyak di Teluk Ambon, Akibatkan Mangrove Mati dan Mengering

Baca juga: Hutan Bakau di Teluk Ambon Dalam Tersisa 33 Hektar

Lanjutnya, meskipun area teluk belum dibersihkan akibat hujan namun ada Pemerintah Kota yang tetap memantau kondisi sampah di darat.

"Pemerintah di Kota sesuai kewenangannya tangani di darat sedangkan pemerintah Provinsi akan menangani daerah Pesisir dan Teluk Ambon," lanjutnya.

Selain Pemerintah Kota, Syauta juga mengapresiasi TNI/Polri maupun aktifis lingkungan yang terus bergerak membantu kebersihan di Provinsi Raja-raja ini.

"Pembersihan tergantung anggaran yang tersedia, namun ada organisasi Pemerintah seperti TNI Polri, ataupun mahasiswa, aktifis dan masyarakat juga ikut membantu bersama-sama. Jadi meskipun terbatas anggaran tapi Pemprov juga kerja dengan bantuan armada dari Pemerintah Kota," tandasnya.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved