Breaking News:

Ambon Terkini

Wakil Rakyat Ambon: PT DSA Untung Rp 2,7 Miliar per Tahun, tapi Tak Ada Pemasukan ke Daerah

Sayangnya, dari keuntungan perusahan penyuplai air bersih ke warga Ambon ini, PT DSA belum mampu memberikan kontribusi yang besar untuk meningkatkan k

Penulis: Mesya Marasabessy | Editor: Adjeng Hatalea
Mesya
Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally ungkap keuntungan PT Dream Sukses Airindo (DSA) Rp 2,7 miliar per tahun. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Mesya Marasabessy

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Anggota Komisi III DPRD Kota Ambon, Yusuf Wally ungkap keuntungan PT Dream Sukses Airindo (DSA) Rp 2,7 miliar per tahun.

Sayangnya, dari keuntungan perusahan penyuplai air bersih ke warga Ambon ini, PT DSA belum mampu memberikan kontribusi yang besar untuk meningkatkan keuangan daerah.

“Kan miris sekali, PT DSA sebuah perusahaan plat merah dengan keuntungan yang sangat besar tapi tak ada uang sepersen pun dari keuntungan itu masuk ke kas daerah,” kata Yusuf Wally kepada Wartawan, Kamis (28/7/2022).

Menurutnya, aturan dari perusahan air yang merupakan sumbangsih Pemerintah Belanda ke Pemkot Ambon ini harus diubah.

PT DSA dari awalnya Perseroan atau badan hukum yang terpisah dan berbeda dari pemiliknya, perlu diubah ke Perusahaan Perseroan Daerah atau Perseroda.

"Daerah tak bisa dapat PAD karena terbentur dengan peraturan kementerian terkait. Makanya kami minta, harus diubah dari Perseroan ke Perseroda," pintanya.

Belum Maksimal, Harry Far Far Usul Bentuk Perda Penanganan Sampah di Ambon 

Politisi PKS itu mengatakan, jika tidak diubah ke aturan yang baru, maka jangan harap PT DSA bisa memberikan sumbangsih dalam bentuk pendapatan ke Pemkot Ambon.

"Kita juga tidak bisa memaksa itu, sebab ada aturannya. Yang bisa hanya dengan mengubah regulasi atau dari Perseroan ke Perseroda tadi," cetus Yusuf Wally.

Dia meminta Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena serius melihat masalah ini.

Sebab dengan Perseroda, maka keuntungan dari PT DSA bisa masuk ke kas daerah Pemkot Ambon.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved