Breaking News:

Ambon Terkini

Resmi! STIKES Latumeten Buka Jurusan Administrasi Rumah Sakit, Ini Keunggulan dan Cara Daftarnya

Kehadiran Jurusan Administrasi Rumah Sakit di STIKES RS Prof. Dr. J. A Latumeten ini, disertai dengan banyak harapan. Apalagi, Stikes Latumeten jadi

Penulis: Salama Picalouhata | Editor: Adjeng Hatalea
Salma
AMBON: Ketua Jurusan Administrasi Rumah Sakit STIKES RS Prof. Dr. J. A Latumeten, Paramita Wiguna. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Salma Picalouhata

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) RS Prof. Dr. J. A Latumeten resmi menambah jurusan baru, yakni Administrasi Rumah Sakit.

Kehadiran Jurusan Administrasi Rumah Sakit di STIKES RS Prof. Dr. J. A Latumeten ini, disertai dengan banyak harapan.

Apalagi, Stikes Latumeten jadi satu-satunya perguruan tinggi di Maluku dan Maluku Utara yang membuka Jurusan Administrasi Rumah Sakit.

Diakui Kepala Pusat Kesehatan Angkatan Darat, Mayor Jenderal TNI dr. Purwo Setyanto, dibukanya program studi  Administrasi Rumah Sakit dengan perhitungan akan kebutuhan tenaga administrasi di rumah sakit.

"Mudah-mudahan dengan awal yang baik ini bisa lebih meningkat lagi, teruslah berkembang, teruslah memantapkan diri menjadi yang terdepan, " ucap dia.

Untuk itu, Ketua Jurusan Administrasi Rumah Sakit, Paramita Wiguna mengajak putra-putri di Maluku mendaftarkan diri di jurusan ini.

Dia pun menjelaskan, Jurusan Administrasi Rumah Sakit sama sekali tidak berurusan dengan penanganan pasien.

Nantinya, fokus pembelajaran perkuliahannya ini, benar–benar mempelajari manajemen dan administrasi terkait rumah sakit.

"Disini kalian akan mempelajari berbagai fungsi dalam manajemen rumah sakit dan klinik seperti bidang keuangan, rekam medik, sekretaris medik, personalia, humas, marketing, juga di industri farmasi dan asuransi kesehatan," jelas Paramita.

Begitu pula dengan ranah kerjanya nanti, kata Paramita, tidak berhubungan dengan penanganan pasien.

Baca juga: Beralih Status, Mahasiswa Harap Stikes Latumeten Semakin Maju

Seorang lulusan dari Jurusan Administrasi Rumah Sakit memang sudah disiapkan untuk mampu mengatur segala hal operasional yang ada pada rumah sakit atau klinik tempatnya bekerja.

"Untuk prospek kerjanya, kita sebagai administrator, rekam medis, atau bagian diklat," tuturnya.

Sehingga kata dia, jika kuliah di jurusan ini, dipastikan lulusannya langsung bisa bekerja atau mendapat tawaran pekerjaan.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR
© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved