Breaking News:

Ambon Terkini

Banjir dan Longsor di Ambon, 519 Jiwa Terima Bantuan Tanggap Darurat

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, dr. Nurhajati mengatakan total warga korban bencana banjir dan longsor di Ambon yang menerima bantuan sebanyak 99 Kepa

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Adjeng Hatalea
Courtesy / Dinas Sosial Kota Ambon
AMBON: Penyaluran bantuan logistik tanggap darurat oleh Dinas Sosial kepada warga korban banjir dan longsor di Kota Ambon pada Selasa (12/6/2022). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Bantuan tanggap darurat mulai disalurkan Dinas Sosial kepada warga korban banjir dan longsor di Kota Ambon.

Kepala Dinas Sosial Kota Ambon, dr. Nurhajati mengatakan total warga korban bencana banjir dan longsor di Ambon yang menerima bantuan sebanyak 99 Kepala Keluarga (KK) terdiri dari 519 jiwa.

Warga korban banjir dan longsor di Ambon menerima bantuan logistik berupa tikar, foodware, beras, mie instan, dan makanan siap saji.

"Hingga kemarin (Senin, 11/7/2022) pagi, Dinas Sosial telah menyalurkan bantuan tanggap darurat kepada masyarakat terdampak banjir dan tanah longsor yang berjumlah 99 kepala keluarga (KK) terdiri dari 519 jiwa,” ungkap Jasin, di Kantor Sosial, Karang Dinas Panjang, Selasa (12/7/2022).

Lanjutnya, tak semua warga korban banjir di Ambon yang mendapat bantuan.

Jasin menjelaskan, bila rumah hanya tergenang dalam waktu singkat dan tetap dapat beraktivitas kembali, maka keluarga tersebut tidak dilayani sebagai penerima bantuan.

Baca juga: Tiga Pekan Cuaca Buruk di Ambon, 4 Ribu Jiwa Terdampak, 2 Bocah Meniggal Dunia

Sementara bila terdampak banjir atau longsor hingga harus mengungsi ke tempat lain, atau yang terganggu aktivitas di dalam rumah, termasuk untuk memasak maka termasuk kategori mendapat bantuan.

“Meskipun jumlah jiwa terdampak banjir terdata cukup banyak, namun jika dapurnya tidak bermasalah, peralatan masak tidak rusak, maka tidak diberikan bantuan," lanjutnya.

Jasin menambahkan, ada 16 KK yang terdiri dari 65 jiwa masyarakat Desa Passo yang mengungsi ke Kantor Kecamatan Baguala saat bencana banjir dan tanah longsor pekan lalu.

“Mereka ini termasuk yang menerima bantuan tanggap darurat dari Dinas,” tambahnya.

Untuk diketahui, pemberian makanan siap saji disesuaikan laporan yang masuk ke Dinas Sosial.

Bila warga terdampak bencana sudah kembali beraktivitas atau kembali dari tempat pengungsian, maka bantuan tidak lagi diberikan.

Sebagaimana diketahui, hujan dengan intensitas lebat yang melanda kota Ambon menyebabkan kejadian bencana banjir, tanah longsor, talud patah dan pohon tumbang di sejumlah titik pada Selasa (5/7/2022) dan Jumat (8/7/2022) pekan lalu.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved