Breaking News:

Maluku Terkini

Di Masohi, Urus Satu Dokumen Kependudukan Bisa Langsung Dapat 5 Dokumen Lainnya

Misalnya, pengurusan KTP, bisa langsung mendapatkan enam lembar dokumen, antara lain, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Lukman Mukaddar
Sepasangan suami istri menunjukan enam adminduk usai pengurusan di Kantor Dukcapil Maluku Tengah, Kamis (9/6/2022). 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI, TRIBUNAMBON.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Maluku Tengah terapkan layanan Six In One.

Yakni; layanan sistem pelayanan administrasi kependudukan (Adminduk) bonus dokumen kependudukan lainnya dengan hanya mengurusi satu dokumen.

Misalnya, pengurusan KTP, bisa langsung mendapatkan enam lembar dokumen, antara lain, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), Akta Kelahiran anak, Akta Pernikahakan dan Akta Kematian.

"Jadi saat ini kita sudah berlakukan sistem six im one artinya sekali urus sudah bisa dapatkan enam dokumen kependudukan," kata KDisdukcapil Kabupaten Maluku Tengah, Siti H. Soumena di Masohi, Kamis (9/6/2022).

Baca juga: Gerai Alfamidi di Karang Panjang Ambon akan Digembok Jika Tak Bayar Lahan

Baca juga: Masih Suka Begadang? Awas, Bisa Bikin Pria Disfungsi Ereksi

Dijelaskan, kepengurusan ini dibolehkan bagi mereka yang baru menikah dan sudah memiliki anak namun belum memiliki kelengkapan dokumen.

"Jadi yang penting memenuhi syarat, misalnya nanti mereka datang harus bawakan buku nikah, kalai belum punya KK tapi kalau sudah punya KK, berarti cukup lampirkan KK dengan buku nikah selanjutnya mengurus yang belum ada saja," jelas Soumena.

Kebijakan baru tersebut lanjut dia, baru diberlakukan sejak tiga hari terakhir.

"Baru beberapa hari ini, sekitar tiga hari ini sudah jalan,"ujar Soumena.

Dia pun menyarankan agar warga khususnya mereka yang sudah menikah namun belum memiliki kelengkapan adminduk bisa langsung mendatangi kantor disdukcapil dengan membawa serta syarat yang disebutkan sebelumnya agar segera dilayani oleh petugas.

"Kami minta warga Maluku Tengah sudah menikah namun belum memilik adminduk yang lengkap, maka boleh mendatangi kantor Dukcapil terdekat untuk melaporkan lejadian itu ke salah satu anggota keluarganya. (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved