Breaking News:

Maluku Terkini

Jelang Idul Adha, Dinas Peternakan Pastikan Hewan Kurban di Maluku Tengah dalam Keadaan Sehat

Jelang Idul Adha, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Maluku Tengah memastikan  semua hewan kurban dalam keadaan sehat.

Penulis: Lukman Mukadar | Editor: Salama Picalouhata
Warta Kota/Feri Setiawan
Ilustrasi hewan kurban. 

Laporan Kontributor TribunAmbon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI,TRIBUNAMBON.COM - Jelang Idul Adha, Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Maluku Tengah memastikan  semua hewan kurban dalam keadaan sehat.

"Seluruh hewan kurban yang kami periksa dalam keadaan sehat setiap tahunnya,"kata Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Soleman Talaohu di Masohi, Selasa (7/6/2022).

Dijelaskan, tim pemeriksa kesehatan hewan kurban akan mendatangi lokasi penyembelihan dua atau tiga har9i sebelum hari raya.

Baca juga: Belum Ada Kasus PMK di Maluku, Mobilitas Sapi dari Luar Daerah Diawasi Ketat

"Nanti dua atau tiga hari sebelum Idul Adha itu, tim akan turun ke masjid-masjid untuk periksa semua hewan persiapan kurban,"jelasnya.

Biasanya lanjut dia, di waktu tersebut barulah pihak dinas melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurbannya.

"Biasanya kan titip dulu di peternak. Karena kalau dibawa ke lokasi penyembelihan jauh sebelum kurban, nanti siapa yang mau jaga pakannya. Jadi itu, makannya setelah dibeli mereka masih titip di peternak karena khawatir nanti akan berpengaruh pada kesehatan hewan,"tuturnya.

Lanjutnya lagi, sejak dulu hingga saat ini, dinas belum menemukan kasus hewan dalam keadaan sakit.

Sebab rerata peternak di Maluku Tengah menjual sapi untuk kurban itu merupakan sapi yang betul-betul dalam kondisi sehat.

"Biasanya peternak kita ini juga sudah tahu hewan dalam kondisi bagaimana yang harus dijual untuk kurban, sehingga di lapangan, tak ada hewan yang dalam keadaan sakit,"tutup dia. 

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved