Breaking News:

Sampah di Ambon

Pasar Minggu Ambon Bebas Sampah, Kilay Minta Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

Hal ini ia katakan kepada TribunAmbon.com, saat melihat tumpukan sampah di Pasar Minggu, Negeri Passo sudah dibersihkan.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Tanita Pattiasina
Bibir jalan Pasar - Kota Ambon bebas sampah, Sabtu (28/5/2022) 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Tak ingin lagi tumpukan sampah berserakan sembarangan di daerahnya, Warga Negeri Passo, Absa Kilay mengharap kerjasama antar Warga dalam menjaga kebersihan.

Hal ini ia katakan kepada TribunAmbon.com, saat melihat tumpukan sampah di Pasar Minggu, Negeri Passo sudah dibersihkan.

"Jadi harapan saya sebagai warga kota dengan bapak-bapak instansi terkait yang sudah membersihkan tempat ini sudah bagus. Jadi saya himbau supaya kita jaga sama-sama, jangan kebersihan lingkungan kota ini," kata Kilay, Sabtu (28/5/2022).

Lanjutnya, sampah bukan hanya urusan pemerintahan namun bersama.

Baca juga: Diangkut, Pasar Minggu Negeri Passo Jadi Area Bersih dari Sampah

Baca juga: Jaga Keandalan Sistem Kelistrikan, PLN Rutin Lakukan Pemeliharaan di Gardu Induk Hative Besar-Ambon

Kilay menuturkan, warga dapat berkontribusi memajukan kota minimal dengan saling menjaga kebersihan dan tak membuang sampah sembarangan.

"Supaya demi lebih maju lagi, dengan adanya kepemimpinan penjabat yang sekarang ini," harapnya.

Sebelumnya, tumpukan sampah di Pantai Pasar Minggu tak diangkut hingga belasan hari oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Persampahan (DLHP) Ambon.

Lokasi tersebut bukan tempat pembuangan sampah (TPS) namun warga sering membuang sampah Rumah tangga maupun Industri di lokasi itu.

Alhasil, sampah berceceran hingga ke tengah jalan itu membuat pengunjung tak ingin singgah ke lokasi kuliner di Pasar Minggu lantaran bau menyengat.

Pantauan TribunAmbon.com, Sabtu (28/5/2022), tumpukan sampah sepanjang 10 meter tersebut sudah tak ada lagi.

Terpasang juga tulisan larangan "Dilarang!!!Buang Sampah Dilokasi Ini" oleh Pemkot.

Tumpukan sampah itu sudah diangkut oleh DLHP pada Jumat (27/5/2022) usai ditinjau langsung Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena.

Sementara itu, Wattimena mengatakan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Negeri Maluku Tengah agar tak lagi buang sampah di lokasi tersebut.

Mengingat bukan hanya warga Ambon namun Warga Malteng juga jadi penyumbang sampah di lokasi yang berada di perbatasan itu.

"Kita sudah buat pos jaga supaya masyarkat jangan buang sampah dsini, saya sudah minta Camat dan Raja Suli menghimbau kepada masyarkat Malteng tidak buang sampah disini dan kalau bisa  mereka membangun tmpat buang sampah di Suli agar masyarakat di Waitatiri, di Suli bisa buang sampah di tempat sementara jangan mereka buang sampah di wilayah Kota Ambon," kata Wattimena Jumat (27/5/2022). (*)

Sumber: Tribun Ambon
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved