Breaking News:

Lumbung Ikan Nasional

Nono Sampono Minta Pemda Maluku Segera Selesaikan Persoalan Lahan Pembangunan Ambon New Port

Dia menekankan, sebelum pembangunan dilakukan, Pemprov Maluku harus memperhatikan hak masyarakat lokal agar tidak menimbulkan persoalan baru ke depann

Penulis: Ode Alfin Risanto | Editor: Adjeng Hatalea
TribunAmbon.com/Fandi
AMBON - Ketua DPD RI, Nono Sampono saat memberikan keterangan kepada Jurnalis usai pemberangkatan Jenazah ke Rumah Sakit Lantamal IV Ambon, Selasa (2/2/2021). 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Alfin Risanto

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Wakil Ketua I DPD RI, Nono Sampono mendorong Pemerintah Provinsi (Pemprov) Maluku segera menyelesaikan permasalahan lahan pembangunan mega proyek Ambon New Port dan Lumbung Ikan nasional (LIN) di Desa Waai, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

“Terkait dengan permasalahan hari ini yang terjadi dalam pembebasan lahan disana, Pemda harus segera selsaikan masalah ini agar dalam pembangunan nantinya tidak ada kendala," Ucap Nono Sampono Usai meberikan Kulia Umum di Unpatti Ambon, Selasa (26/10/2021).

Dia menekankan, sebelum pembangunan dilakukan, Pemprov Maluku harus memperhatikan hak masyarakat lokal agar tidak menimbulkan persoalan baru ke depannya.

"Saya juga sudah ingatkan bahwa sebelum pembangunan mega proyek tersebut Pemda harus perhatikan kembali hak-hak rakyat yang berada di lokasi pembangunan tersebut agar tidak terjadi kisruh kedepanya,“ ujarnya.

Pemda, lanjut dia, juga harusnya bisa memberikan kepastian yang jelas untuk masyarakat di Waai terkait proses ganti rugi lahan ini.

“Jadi pemerintah harus memberikan kepastian yang jelas agar informasi yang diterima masyarakat juga lebih jelas lagi,” tuturnya.

Untuk itu, Pemprov Maluku harus selesaikan secepatnya permasalahan ini sebelum pembangunan berlangsung di tahun 2022 Nanti.

"Ini masalah internal Pemda dengan warga di sana, saya harap bisa diselesaikan secepatnya," tutupnya.(*)

Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved