Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Lia Harta Labe Dari Sudara

"Batul, kepeng bisa bali sagala rupa macang" (=benar, uang bisa membuat kita membeli apa saja)

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Sudara Tuh 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Jang lia harta labe dari sudara" (=jangan memandang harta lebih dari saudaramu), "tagal itu barang buang-buang" (=karena itu barang yang dapat habis), "mar sudara nih kekal" (=tetapi saudara itu kekal).

"Batul, kepeng bisa bali sagala rupa macang" (=benar, uang bisa membuat kita membeli apa saja), "mar tar bisa bali sudara" (=tetapi tidak bisa membeli seorang saudara).

"Jang lia harta labe dari sudara" karena "tar bawa akang sampe dalang kubur" (=tidak bisa membawanya ke dalam kubur), "mar sudara nih hidop mati lai tar bisa lapas" (=saudara itu hidup dan matipun tidak bisa dilepaskan).

"Kalu mau biking bae, biking par sudara, bukang par harta yang tar pung nyawa tuh" (=berbuat baiklah kepada saudaramu, bukan kepada hartamu yang tidak bernyawa).

"Sudara tuh bisa rasa, jang kira itu tembok la bajang seng stom" (=saudara itu punya perasaan, jangan dikira tembok lalu ketika berpapasan tidak menyapanya).

Baca juga: Kuti Kata; Sapa Sa Bisa, Asal Mau

Baca juga: Kuti Kata; Su Dapa Pake

"Jang tagal harta la konci pintu dari sudara" (=jangan karena harta anda mengunci pintu rumah dari saudaramu).

"Lia harta labe dari sudara" (=memandang harta lebih dari seorang saudara), merupakan nasehat untuk mengajari kita "hidop bae-bae" (=hidup baik-baik), "hidop barbage" (=hidup berbagi), "tau angka syukur" (=tahu bersyukur).

Sebab tidak baik "kalu harta biking basudara tacere" (=jika harta membuat orang saudara terpisah).

"Se tanding mas sakapal lai, kalu tacere deng sudara, tar guna e" (=walau anda pamer harta melimpah, tetapi bila terpisah dari saudaramu, tiada gunanya).

"Pi sumbayang saribu kali lai, kalu tacere hidop sudara, Antua jua goyang kapala" (=seribu kali anda beribadah, tetapi jika terpisah dari saudara, Tuhan geleng kepalaNya).

"Jadi jang lia harta labe dari sudara" karena "harta tuh abis mar sudara sampe tanah tutu mata" (=harta itu habis tetapi saudara itu kekal).

Salamat Har' Sadu, 4 September 2021

#Elifas Tomix Maspaitella

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved