Breaking News:

Kasus Korupsi

Sidang Korupsi Pembebasan Lahan Lantamal Ambon, Sekretaris Negeri Tawiri Sebut Tak Dilibatkan

Sidang virtual itu menghadirkan Isak Lilipory sebagai Sekretari Negeri Tawiri, Kota Ambon yang menjabat tahun 2013 hingga 2019.

Penulis: Tanita Pattiasina | Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Juna Putuhena
Ilustrasi Kasus Korupsi 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Tanita Pattiasina

AMBON, TRIBUNAMBON.COM – Sidang perkara tindak pidana korupsi pembebasan lahan Dermaga Lantamal IX Ambon yang menjerat terdakwa Jerry Tuhuleruw kembali berlangsung di Pengadilan Negeri Ambon, Jumat (19/8/2021) sore.

Sidang virtual itu menghadirkan Isak Lilipory sebagai Sekretari Negeri Tawiri, Kota Ambon yang menjabat tahun 2013 hingga 2019.

Lilipory menyebutkan proses pembebasan lahan tidak melibatkan Saniri Negeri Tawiri dalam proses pembebasan lahan.

“Tidak pernah diinformasikan ke saniri, pertemuan dengan BPN (Badan Pertanahan Nasional) saja Saniri tidak diinformasikan,” sebut Lilipory kepada Majelis Hakim.

Lanjutnya, terdakwa Jerry Tuhuleruw yang juga anggota Saniri juga hadir saat pertemuan tersebut namun disebutkan hanya membawa nama pribadi.

“Ada pertemuan dengan BPN, yang datang Joseph Tuhuleruw. Saat kita Tanya untuk apa pertemuan tapi dia bilang atas nama pribadi dan bukan atas nama Saniri,” lanjutnya.

Pihak Saniri sendiri baru mengetahui tanah dati Negeri Tawiri juga termasuk dalam lahan yang akan dibebaskan untuk pembangunan setelah pengumuman data normative terpasang di Kecamatan Teluk Ambon, Januari 2016.

Baca juga: MEA; Gubernur Murad Layak Jadi Bapak Industrialisasi Maluku

Baca juga: Pengalihan PI 10% Masuk Tahap 7, Jadi Kado Spesial HUT Maluku

“Setelah mendapatkan informasi ada proses pengerjaan, kita cek dibalai negeri tidak ada tempel pengumuman. Sedangkan di Papan informasi kecamatan ada dan ternyata terpampang tanah negeri ada di data tersebut. Ada tujuh kapling yang kami rangkum ada sekitar 8ribu sekian meter yang akan dibebaskan,” tambah Lilipory.

Sedangkan, rekening negeri tidak ada pemasukkan dari hasil pembebasan lahan.

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved