Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Biking Iko

Itu bentuk "dengar-dengarang" (=ketaatan). "Jang malawang la biking iko suka" (=jangan melawan lalu melakukan menurut kemauan sendiri).

Editor: Fandi Wattimena
TribunAmbon.com/ Fandi Wattimena
Memancing di pantai, Poka-Ambon 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Kalu su dapa bilang tuh, biking iko akang" (=jika sudah diberi petunjuk, lakukanlah sesuai petunjuk itu).

Itu bentuk "dengar-dengarang" (=ketaatan). "Jang malawang la biking iko suka" (=jangan melawan lalu melakukan menurut kemauan sendiri).

"Kalu mau samua bae, biking iko atorang" (=jika mau semuanya baik, lakukanlah sesuai aturannya). "Kalu malawang, samua bisa kaco" (=jika melawan, semuanya bisa jadi kacau).

Ungkapan "biking iko" perlu dimengerti dalam kerangka "musti ada tanda, kalu katong beda dari yang laeng" (=harus ada tanda bahwa kita beda dari lainnya).

"Jadi kalu tar iko, sama deng seng mau maso katong golongan" (=jadi jika tidak mau menurutinya, sama dengan tidak mau menjadi bagian dari kita).

"Kalu mau iko yang laeng, brarti seng maso katong bilangan" (=jika mau menuruti yang lain berarti tidak terhitung dalam bilangan kita).

Di sisi lain, "biking iko" menguji "katong setia ka seng" (=apakah kita setia atau tidak).

Karena "kalu tar mau iko la mau dengar sapa?" (=Jika tidak mau, lalu mau mendengarkan siapa?) "Orang yang iko atorang tuh dong seng tau malawang yang tar maso akal" (=orang yang mau mengikuti aturan itu tidak suka berbantah-bantahan).

"Dong hidop lurus-lurus sa" (=hidupnya lurus).

"Biking iko" menandakan juga bahwa ada arah yang "musti iko akang" (=harus diikuti).

Baca juga: Kuti Kata; Basaleng

Baca juga: Kuti Kata; Jang Dengar

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved