Breaking News:

Kuti Kata Maluku

Kuti Kata; Seng Bisa Lia Anana Susah

"Bagitu dengar anana ada susah, tempo-tempo langsung datang ka seng su kiring pasang"

Editor: Fandi Wattimena
Sumber; Pdt. Elifas Tomix Maspaitella
Duduk di bangku trotoar 

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - "Seng sampe hati par lia anana susah" (=tidak tega melihat anak-anak susah). Rasa itu ada pada setiap orang tua, "mau kandong ka Om" (=entah papa kandung ataupun oom/paman).

"Bagitu dengar anana ada susah, tempo-tempo langsung datang ka seng su kiring pasang" (=begitu mendengar berita anaknya susah, langsung datang atau mengirim pesan).

"Orang seng boleh biking susah beta pung anana" (=siapa pun tidak boleh menyusahkan anak-anakku). "Tagal dong seng barana dia" (=karena mereka tidak memperanakkan dia).

"Dong seng piara dia sampe basar, mar beta" (=mereka tidak memeliharanya sampai dewasa, melainkan saya). "Jadi jang dong kasih susah dia" (=jadi jangan mereka menyusahkannya).

Bila ada anak-anak yang mengalami hal seperti itu, misalnya di suatu negeri yang lain, biasanya orangtuanya berkata: "mari deng papa/mama jua, biar deng kurang-kurang asal jang nyong/nona susah" (=mari kembali dan hidup bersama papa/mama saja, walau kita terbatas asalkan jangan kamu susah).

"Papa/mama masih mampu par piara nyong/nona" (=papa/mama masih sanggup memeliharamu).

Semua itu melukiskan "papa deng mama seng sampe hati par lia anana susah" (=papa dan mama tidak tega melihat anak-anak susah).

Alasannya karena "deng kurang-kurang katong su piara sampe basar" (=dalam keterbatasan, kami telah mendewasakan mereka).

Tapi, kalau itu demi "dapa hidop eso lusa" (=mendapatkan pekerjaan di masa depan), lalu "pi skolah tinggal deng orang ka tinggal di rumah sewa" (=pergi bersekolah dan tinggal bersama inang atau di rumah kontrakan/kos) dan "musti karja sagala rupa hal" (=harus bekerja segala macam pekerjaan), "jang paskali anggap susah" (=jangan melihat kesusahannya).

"Tinggal deng orang tuh bagitu, jang biking diri tuang" (=tinggal bersama inang, jangan bertindak laksana tuan).

Halaman
12
Sumber: Tribun Ambon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved