Breaking News:

Maluku Terkini

Selain Tehupeiory, Berikut Deretan Srikandi Atlet Maluku yang Pernah Mengharumkan Indonesia

Salah satu penerus tradisi itu adalah pelari putri Alvin Tehupeiory, yang menjadi satu-satunya atlit Maluku pada ajang olimpiade Tokyo 2020.

Editor: Salama Picalouhata
Courtessy / Instagram @Alvina Tehupeiory
AMBON: Alvin Tehupeiory, Atlet Maluku yang mengharumkan nama bumi raja-raja ke kancah internasional dengan mencatatkan namanya sebagai peserta pada olympiade 2020 di Tokyo Jepang. 

Laporan Wartawan TribunAmbon.com, Dedy Azis

AMBON, TRIBUNAMBON.COM - Dunia atletik Indonesia tidak bisa lepas dari Tanah Maluku. Tak sedikit prestasi prestisius lahir dari para atlet yang berasal dari Provinsi yang dijuluki negeri raja-raja tersebut.

Salah satu penerus tradisi itu adalah pelari putri Alvin Tehupeiory, yang menjadi satu-satunya atlit Maluku pada ajang olimpiade Tokyo 2020 yang tengah digelar saat ini.

Meskipun belum memberikan hasil yang maksimal, namun Tehupeiory telah mencatatkan namanya pada sejarah olahraga di kancah internasional.

Baca juga: INFO Gelombang Seminggu Kedepan Mulai Sabtu 31 Juli 2021: Waspada Perairan Yos Sudarso Capai 4 Meter

Namun siapa sangka, sebelum Tehupeiory, terdapat sederet nama pelari bermarga Maluku yang pernah mengharumkan nama Indonesia, baik di tingkat Asean maupun di olimpiade.

Berikut adalah sederet nama tersebut pelari asal Maluku;

1. Emma Tahapary

Wanita kelahiran 1961 ini pernah mengikuti olimpiade Los Angeles, dan sampai pada babak semifinal. Saat ini, tercatat sebagai pemegang dua rekor nasional.

Rekor pertama pada nomor lari 400 meter, Emma mencatat waktu 54,2 detik. Rekornas tersebut dipecahkan di Manila, 1 Desember 1984. Artinya, sudah 35 tahun rekor tersebut belum terpecahkan sampai sekarang.

2. Henny Maspaitella

Halaman
123
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved